MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SMK NAHDLATUL ULAMA (NU) GRESIK

  • Achaddiena Fatchiyatur Rochmi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

SMK NU Gresik merupakan lembaga pendidikan Islam di Gresik. Ekstrakurikuler seni tari diadakan sebagai usaha dalam melestarikan budaya daerah, membentuk karakter serta menjadikan siswa berprestasi. Keberhasilan yang diperoleh siswa tentunya dipengaruhi adanya dukungan dari warga sekolah, mulai dari siswa, orang tua, dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji support warga sekolah mengenai pembelajaran ekstrakurikuler seni tari (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler seni tari, (3) mendeskripsikan hasil pembelajaran ekstrakurikuler seni tari. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan objek penelitian pembelajaran seni tari melalui studi kasus ekstrakurikuler seni tari. Subjek penelitian terdiri dari pimpinan sekolah, guru, siswa dan orang tua. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data penelitian, reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian pembelajaran ekstrakurikuler seni tari di SMK NU Gresik memiliki dukungan positif dari siswa, orang tua, dan warga sekolah. Menerapkan model pembelajaran kolaboratif dengan metode tutor sebaya (Peer Teaching) dinilai dapat mengembangkan keaktifan dan kemampuan siswa tidak hanya dari segi kognitif saja, tetapi menguatkan potensi yang dimiliki siswa. Maka dengan adanya kolaborasi dan metode tersebut dalam pembelajaran ekstrakurikuler seni tari mampu menunjang berbagai prestasi yang dihasilkan siswa SMK NU Gresik.

Kata Kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Ekstrakurikuler, Seni Tari

Published
2022-06-16
How to Cite
Rochmi, A. (2022). MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SMK NAHDLATUL ULAMA (NU) GRESIK. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 46-60. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/45585
Section
Articles
Abstract Views: 226
PDF Downloads: 365