PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMAN 8 MALANG

  • Artara Sella Tysha Universitas Negeri Surabaya
  • Warih Handayaningrum Universitas Negeri Surabaya
Keywords: pendidikan, karakter, pembelajaran, seni tari

Abstract

Maraknya kekerasan terjadi di dunia pendidikan yang banyak dilakukan oleh peserta didik membuktikkan bahwa pendidikan karakter sangat penting. Pendidikan karakter dapat melalui pembelajaran  salah satunya Seni Budaya. SMAN 8 Malang menerapkan pendidikan karakter pada mata pelajaran Seni Budaya khususnya seni tari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan Karakter pada pembelajaran seni tari; (2) Mendeskripsikan nilai karakter yang ada dalam proses pembelajaran seni tari; (3) Mendeskripsikan hasil pembelajaran nilai karakter melalui seni tari di SMAN 8 Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis taksonomi. Hasil penelitian menunjukan bahwa(1) Pembelajaran seni tari di SMAN 8 Malang menggunakan pendekatan Saientifik, model pembelajaran Problem Based Learning serta metode diskusi kelompok, tanya jawab dan penugasan.(2) Pendidikan karakter yang terdapat dalam pembelajaran seni tari antara lain toleransi, kejujuran, percaya diri, kerja keras, pantang menyerah, kreatif, kerjasama, tanggung jawab, dan disiplin. (3) Untuk mengetahui perubahan sikap pada diri peserta didik, guru melakukan penilaian dengan 3 aspek sesuai dengan kurikulum yaitu aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Published
2022-04-01
How to Cite
Tysha, A., & Handayaningrum, W. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMAN 8 MALANG. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(1), 29-41. https://doi.org/10.26740/jps.v9n1.p29-41
Section
Articles
Abstract Views: 685
PDF Downloads: 415