PENDIDIKAN KARAKTER DI SANGGAR TARI MURWITA KABUPATEN MOJOKERTO

  • Mifthakhul Laili Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pendidikan Karakter, Sanggar Tari, Metode Pembelajaran, Nilai Karakter.

Abstract

Dunia digital yang serba canggih, teknologi hadir untuk memudahkan aktivitas manusia. Kecanggihan teknologi yang mempengaruhi keseharian manusia adalah gadget. Gadget memiliki dampak positif bagi kalangan tertentu, namun untuk kalangan anak-anak gadget memiliki dampak negatif. Penyimpangan karakter pada anak disebabkan oleh dampak negatif dari gadget, oleh karena itu perlu ditanamkan pendidikan karakter sejak dini melalui kegiatan yang positif. Sanggar Tari Murwita adalah salah satu pendidikan nonformal di Kabupaten Mojokerto yang menerapkan pendidikan karakter pada proses pembelajarannya. Di era globalisasi, peran Sanggar Tari Murwita sangat penting dalam pembentukan karakter anak melalui proses berkarya seni.  Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan metode yang digunakan dalam mendidik karakter melalui pembelajaran seni tari di Sanggar Tari Murwita, 2) Menganalisis nilai karakter dalam pembelajaran tari di Sanggar tari Murwita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari pemilik sanggar, pelatih, dan anggota. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan simpulan. Berdasarkan Hasil penelitian bahwa mendidik karakter pada anak dapat dilakukan dengan proses belajar tari di Sanggar, dan untuk mencapai keberhasilan pembelajaran pelatih menggunakan metode pembelajaran yang sesuai.

Published
2022-06-16
How to Cite
Laili, M. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER DI SANGGAR TARI MURWITA KABUPATEN MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 14-29. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/45473
Section
Articles
Abstract Views: 264
PDF Downloads: 269