PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN SENI TARI PADA MATAPELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN UNTUK SISWA SD

  • Fidha Ainia Universitas Negeri Surabaya
  • Warih Handayaningrum Universitas Negeri Surabaya
Keywords: pengembangan, buku suplemen, pendidikan seni tari

Abstract

SD Surabaya Grammar School adalah sekolah yang menggunakan kurikulum berbasis Cambridge yang penerapannya disesuaikan dengan aspek lokal. Salah satu aspek tersebut yaitu buku penunjang. Buku suplemen merupakan salah satu literatur yang dibutuhkan untuk membantu proses pembelajaran lebih efektif. Namun ketersediaan buku yang mengacu pada mata pelajaran seni tari belum begitu banyak dimiliki. Walaupun terdapat buku paket seni budaya, tetapi isinya masih memiliki banyak kekurangan. Misalnya saja pada segi materi kurang lengkap, kemudian desain kurang menarik sehingga siswa merasa bosan untuk mempelajarinya. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku suplemen seni tari. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development).

Hasil penelitian dan pembahasan bagian proses pengembangan buku suplemen di validasi oleh 1 validator ahli materi, dan 1 validator ahli desain. Kualitas dari buku suplemen sangat layak untuk digunakan setelah mendapat dua tahapan penilaian terhadap validator. Selain itu, keefektifan buku dilihat dari hasil respon siswa produk buku yang di uji cobakan kepada 7 siswa dan hasilnya dengan presentase 70,95% mendapat kategori efektif. Sedangkan pada hasil pemahaman siswa terhadap buku suplemen 82,86% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa buku suplemen “Mari Mengenal Seni Tari Kreasi di Indonesia” dapat dijadikan sebagai buku penunjang siswa SD.

Published
2020-08-21
How to Cite
Ainia, F., & Handayaningrum, W. (2020). PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN SENI TARI PADA MATAPELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN UNTUK SISWA SD. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(2), 154-166. https://doi.org/10.26740/jps.v9n2.p154-166
Section
Articles
Abstract Views: 298
PDF Downloads: 414