PEMBELAJARAN MUSIK HADRAH AL-BANJARI PADA GRUP EL-HASANUDDIN DI DESA TEBEL KECAMATAN GEDANGAN KABUPATEN SIDOARJO

  • Adelia Martha Oviyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Warih Handayaningrum Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pembelajaran, hadrah al-banjari, El-Hasanuddin, Pembelajaran, hadrah al-banjari, El-Hasanuddin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui pembelajaran musik Hadrah Al-Banjari pada grup El-Hasanuddin di Desa Tebel, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, dan (2) mendeskripsikan hasil dari pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Data-data diperoleh melalui observasi langsung pada kegiatan proses pembelajaran secara natural setting, wawancara, catatan lapangan, studi pustaka dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, peneliti menemukan beberapa metode yang digunakan oleh guru ketika proses pembelajaran Hadrah Al-Banjari, yakni metode demonstrasi, metode pembelajaran eksperimen, metode imitasi, dan metode latihan. Adapun komponen pembelajaran yang ditemukan meliputi instrumen terbang, bass, dan vokal. Proses pembelajaran Musik Hadrah Al-Banjari pada Grup El-Hasanuddin di Tebel Gedangan Sidoarjo dibina oleh guru yang tidak berlatar belakang dari pendidikan seni musik. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini yaitu penyampaian materi dan evaluasi. Aspek yang digunakan untuk evaluasi ditinjau dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pembelajaran dilakukan secara efektif agar memperoleh hasil yang maksimal.

Published
2021-07-25
How to Cite
Oviyanti, A., & Handayaningrum, W. (2021). PEMBELAJARAN MUSIK HADRAH AL-BANJARI PADA GRUP EL-HASANUDDIN DI DESA TEBEL KECAMATAN GEDANGAN KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(1), 89-107. https://doi.org/10.26740/jps.v11n1.p89-107
Section
Articles
Abstract Views: 470
PDF Downloads: 3516