PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS XI DI SMKN 12 SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Nabilla Nur Kasih Kusuma Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Trisakti Trisakti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Proses Pembelajaran, Seni Tari, SMKN 12 Surabaya

Abstract

SMKN 12 Surabaya adalah lembaga pendidikan formal di Surabaya. Penelitian di SMKN 12 ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tari Jawa Timur, kendala pembelajaran dan  hasil belajar tari Jawa Timur 1 di Kelas XI  pada masa pademi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan objek penelitian adalah pembelajaran praktik seni tari pada mata pelajaran tari Jawa Timur 1 dengan materi Remo Putri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa pada masa pandemi covid-19, Pembelajaran tatap muka berfokus guna meningkatkan kepahaman siswa. Jadi dimasa pandemi ini tidak menjadi penghalang untuk siswa memperoleh ilmu. Proses pembelajaran tetap berlangsung di SMKN 12 Surabaya dan waktu tatap muka berkurang dari 4 kali  menjadi 2 kali tatap muka. Pembelajaran tatap muka dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan. Pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dengan media video pembelajaran. Hasil belajar siswa di masa pandemi ini cukup baik dan mendapat kontroling nilai dari guru untuk siswa. Kendala dalam proses pembelajaran pada masa pandemi adalah berkurangnya waktu yang berdampak materi yang diberikan oleh guru terhambat, oleh karena itu guru membuat media video pembelajaran untuk dipelajari dirumah. Sedangkan kendala yang dialami siswa adalah dalam hal menerima materi pembelajaran dari video pembelajaran kurang jelas dan menyebabkan belajar mandiri tidak dapat berjalan dengan baik.

Published
2021-07-05
How to Cite
Kusuma Putri, N. N., & Trisakti, T. (2021). PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS XI DI SMKN 12 SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(2), 257-274. https://doi.org/10.26740/jps.v10n2.p257-274
Section
Articles
Abstract View: 189
PDF Download: 434