PEMBELAJARAN SENI TARI KELAS XI DI SMKN 12 SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
SMKN 12 Surabaya adalah lembaga pendidikan formal di Surabaya. Penelitian di SMKN 12 ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tari Jawa Timur, kendala pembelajaran dan hasil belajar tari Jawa Timur 1 di Kelas XI pada masa pademi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan objek penelitian adalah pembelajaran praktik seni tari pada mata pelajaran tari Jawa Timur 1 dengan materi Remo Putri. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa pada masa pandemi covid-19, Pembelajaran tatap muka berfokus guna meningkatkan kepahaman siswa. Jadi dimasa pandemi ini tidak menjadi penghalang untuk siswa memperoleh ilmu. Proses pembelajaran tetap berlangsung di SMKN 12 Surabaya dan waktu tatap muka berkurang dari 4 kali menjadi 2 kali tatap muka. Pembelajaran tatap muka dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan. Pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dengan media video pembelajaran. Hasil belajar siswa di masa pandemi ini cukup baik dan mendapat kontroling nilai dari guru untuk siswa. Kendala dalam proses pembelajaran pada masa pandemi adalah berkurangnya waktu yang berdampak materi yang diberikan oleh guru terhambat, oleh karena itu guru membuat media video pembelajaran untuk dipelajari dirumah. Sedangkan kendala yang dialami siswa adalah dalam hal menerima materi pembelajaran dari video pembelajaran kurang jelas dan menyebabkan belajar mandiri tidak dapat berjalan dengan baik.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Sendratasik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PDF Downloads: 720