PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TARI DI SMAN 1 KOTA KEDIRI

Authors

  • andini septa almira universitas negeri surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v13n1.p186%20-201

Keywords:

character, education, Art Dance Learning

Abstract

Pembelajaran seni tari di SMAN 1 Kediri ada sejak tahun 2012 hingga sekarang terus berinovasi mengembangkan pembelajaran seni budaya dengan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk (1)Mendeskripsikan pelaksanaan Pendidikan Karakter pada pembelajaran seni tari, (2) Mendeskripsikan nilai karakter yang ada dalam proses pembelajaran seni tari, (3) Mendeskripsikan hasil pembelajaran nilai karakter melalui seni tari di SMAN 1 Kediri. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dlakukan dengan observasi (pengamatan),interview (wawancara) dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Pelaksanaan pendikan nilai-nilai karakter melalui seni tari di SMAN 1 Kediri dengan discovery learning . Adapun nilai nilai karakter yang ada dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Kediri seperti ditanamkan budaya moral spritual, bersih dan rapi, cintai tanah air, setia kawan, dapat bekerja sama maupun mandiri dan meningkatkan mutu atau kualitas kerja yang kreatif dan produktif. Hasil dari pembelajaran nilai karakter dalam pembelajaran seni di SMAN 1 Kediri ini dapat dibuktikan oleh perubahan tingkah laku siswa setelah selesai melaksanakan proses pembelajaran seni tari seperti siswa dapat menerapkan nilai karakter gotong royong , bertakwa , dan bernalar kritis disaat proses pembelajaran tari. Siswa juga terlatih lebih kreatif, percaya diri dan cinta tanah air dalam mempresentasikan hasil kerja proyek mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-07-29

How to Cite

almira, andini septa. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN TARI DI SMAN 1 KOTA KEDIRI. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 13(1), 186–201. https://doi.org/10.26740/jps.v13n1.p186 -201

Issue

Section

Articles
Abstract views: 24

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.