MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SEBAGAI PENDORONG KREATIVITAS ANAK DI SANGGAR TARI NITASWADIRI SIDOARJO

  • Anissa Yulisetyowati Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Kreativitas, Sanggar Tari Nitaswadiri

Abstract

Sanggar Tari Nitaswadiri adalah sanggar tari yang berada di Kabupaten Sidoarjo dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif yang digunakan dalam pembelajaran tari di Sanggar Tari Nitaswadiri telah membawa sanggar dalam pencapaian prestasi belajar dengan baik. Pembelajaran secara kelompok menjadikan peserta sanggar memiliki ketertarikan dalam proses latihan sehingga kreativitas siswa lebih berkembang sehingga pembelajaran kelompok memberi suasana yang menyenangkan. Tujuan penulisan ini (1) mendeskripsikan proses pembelajaran kooperatif di Sanggar Tari Nitaswadiri (2) mengkaji kreativitas yang dihasilkan dalam proses pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, serta dokumentasi. Objek penelitian adalah pembelajaran tari secara kooperatif di Sanggar Tari Nitaswadiri. Teknik analisis data menggunakan empat tahap yaitu, pengumpulan, penyederhanaan, penyajian dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, model pembelajaran kooperatif dalam latihan tari kelompok dilakukan pada setiap pertemuan. Hasil  latihan tari kelompok dapat meningkatkan kemampuan kognitif, psikomotorik dan afektif peserta sanggar dalam menjalani aktivitas sehari-hari untuk mendorong kreativitas serta kekompakan siswa di Sanggar Tari Nitaswadiri melalui rangkaian pembelajaran tari yang telah diberikan. Praktek tari secara berkelompok juga dilakukan bersama evaluasi secara kelompok. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif di Sanggar Nitaswadiri  menghasilkan kreativitas para peserta sanggar dalam membuat dan mengkreasikan pola lantai serta gerak dalam suatu tarian yang menggunakan koreografi kelompok.

References

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogjakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharmi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
______. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, Fitri Chintia. 2013. Pembelajaran Tari Pada Anak Usia Dini Di Sanggar Sekar Panggung Metro Mall Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Etin Solihatin. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamdayama. 2016. Metodologi Pengajaran (Suryani, ed.). Jakarta: Bumi Aksara
Handayaningrum, Warih. 2017. Pembelajaran Seni Tari Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak TK. Jurnal Temu Guru IGTKI Se Kabupaten Sidoarjo.
_____________________. 2009. Model Pembelajaran Seni Tari Untuk PAUD dan TK. Buku panduan guru PAUD dan TK. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Hidajat, Robby. 2011. Koreografi dan Krearivitas Pengetahuan dan Petunjuk Praktikum Koreografi. Yogjakarta: Kendil Media Pustaka Seni Indonesia
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogjakarta: Pustaka Belajar
____________ .2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
_____________.2015. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lazim. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 35 Pekanbaru. Riau: Universitas Riau
Munandar, Utami. 2004. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta
_______________. 2012. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Primastry, Dara. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas Viii3 Smp Negeri 2 Watansoppeng. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Purworujito. 2013. Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Pembelajaran Eksplorasi Gerak Tari Dengan Pendekatan Cooperative Learning Model Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII C Semester I SMPN 2 Girisubo Gunungkidul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Slavin, E, Robert. 2011. Cooperative Learning: Theory, Research And Practice. Bandung: Nusa Media.
Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Soehardjo. 2005. Pendidikan Seni. Malang: Balai Kajian Seni Dan Desain
Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
______. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA, CV.
Suhada, Aryusma, Susi Wenhdaningsih, Hasyimkan hasyimkan, dan Riyan Hidayatullah. 2016. Penciptaan Karya Tari Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Di Sanggar Gardancestory Bandarlampung. Lampung: Universitas Lampung
Wina S. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Yuliati, Lia. 2020. Strategi Pembelajaran Tari Untuk Anak Usia Remaja Di Sanggar Tari Kembang Sore. Yogjakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Published
2022-07-06
How to Cite
Yulisetyowati, A. (2022). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SEBAGAI PENDORONG KREATIVITAS ANAK DI SANGGAR TARI NITASWADIRI SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 151-165. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/46765
Section
Articles
Abstract Views: 176
PDF Downloads: 329