METODE IMITASI DALAM PEMBELAJARAN TARI DI SANGGAR BINA TARI JAWA TIMUR SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v13n2.p110%20-124Keywords:
Sanggar Bina Tari Jawa Timur, Pembelajaran, Metode ImitasiAbstract
Sanggar Bina Tari Jawa Timur (BTJT) Surabaya merupakan lembaga pendidikan nonformal di Surabaya. Penelitian di Sanggar Bina Tari Jawa Timur (BTJT) Surabaya yang aktif sampai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode imitatif dalam pembelajaran tari dan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari menerapkan metode imitasi dalam pembelajaran tari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan objek penelitian pembelajaran tari di Sanggar Bina Tari Jawa Timur (BTJT) Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yakni dalam penggunaan metode imitasi untuk pembelajaran tari melalui empat proses yaitu, proses pengamatan, proses mengingat, proses reproduksi motorik, dan proses penguatan dan motivasi. Kelebihan dari menerapkan metode imitasi dapat meningkatkan daya ingat dan daya tangkap peserta didik dalam proses pembelajaran. Kekurangan dari metode ini, pembelajaran ini peserta didik terlalu bergantung terhadap pelatih.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
