PENGEMBANGAN BUKU POP UP MATERI TOPENG JATIDUWUR JOMBANG UNTUK ANAK SD

  • Niken Nilasari Universitas Negeri Surabaya
  • Setyo Yanuartuti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Buku Pop Up, Topeng Jatiduwur Jombang

Abstract

Pembelajaran di SD bersifat tematik. Dalam setiap tema terdapat muatan Seni Budaya, salah satuya mengenalkan budaya nusantara. Namun, dalam buku tersebut belum mengenalkan Buku ajar yang digunakan dalam pembelajaran Seni Budaya di SD Jombang selama ini menggunakan daya lokal. Sehingga peneliti ingin mengembangkan buku Pop Up materi Topeng Jatiduwur Jombang. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) proses pengembangan produk, 2) kualitas produk, 3) kepraktisan buku Pop Up materi Topeng Jatiduwur Jombang. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Proses pengembangan buku ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yaitu berupa angket dan instrumen lembar validasi ahli.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan buku gambar berbasis buku Pop Up Topeng Jatiduwur ini dianalisis berdasarkan fakta yang ada di lapangan yaitu di SD Negeri Jombatan 3 Jombang. Tahap perancangan produk dimulai dari perancangan materi sampai dengan desain tampilan buku. Tahap pengembangan dilakukan melalui dua kali proses validasi dan satu kali uji coba. Kualitas buku gambar berbasis buku Pop Up dapat dikategorikan layak/sangat layak dilihat dari hasil persentase validasi materi yaitu 86,67% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi bahasa pada validasi I dan II 66,67% dan 82% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi kegrafikan pada validasi I dan II 76% dan 84% dengan kategori sangat layak.  Kepraktisan buku gambar berbasis buku Pop Up Topeng Jatiduwur Jombang dilihat dari hasil respon siswa yang awal masih belum mengerti topeng sampai respon akhir menjawab ya/100% di angket respon siswa, sedangkan respon guru mendapat 98% kedua angket respon tersebut masuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba maka dapat disimpulkan bahwa buku gambar berbasis buku Pop Up Topeng Jatiduwur Jombang ini tergolong sangat layak untuk siswa SD yang berusia 7-10 tahun di sekolah yang ada di kota Jombang.

Published
2021-01-17
How to Cite
Nilasari, N., & Yanuartuti, S. (2021). PENGEMBANGAN BUKU POP UP MATERI TOPENG JATIDUWUR JOMBANG UNTUK ANAK SD. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1), 82-92. https://doi.org/10.26740/jps.v10n1.p82-92
Section
Articles
Abstract Views: 175
PDF Downloads: 173