PEMBELAJARAN KONSEP MUSIK BARAT MELALUI PENGALAMAN BELAJAR TONALITAS DI SMA LABSCHOOL UNESA KELAS XI

  • Agus Mahendra Universitas Negeri Surabaya
  • Setyo Yanuartuti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: pembelajaran musik barat, tonalitas

Abstract

Pembelajaran konsep musik barat merupakan salah satu materi di SMA kelas XI. Pembelajaran musik barat secara umum sangatlah kompleks dalam mengenal musik tonal, modal, atonal. Dengan kompleksnya materi ini, dalam pembelajaran memerlukan pendekatan yang dapat memudahkan siswa dalam penguasaannya. Di SMA Labschool Unesa, pembelajaran konsep musik barat ini dilaksanakan  menggunakan pengalaman belajar tonalitas, maka hal tersebut sangat menarik dan perlu di kaji lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran musik barat melalui pengalaman belajar tonalitas, (2) bagaimana hasil pelaksanaan melalui pengalaman belajar tonalitas. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini pembelajaran musik barat dengan menggunakan pengalaman belajar tonalitas di SMA Labschool Unesa. Sumber data primer dalam penelitan ini adalah peristiwa pembelajaran musik yaitu guru dan siswa sebagai subjek pelaku pembelajaranya, sedangkan sumber sekundernya adalah perangkat pembelajaran musik barat, dan foto pelaksanaan pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/simpulan. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran musik barat menggunakan pengalaman belajar tonalitas bagi SMA kelas XI meliputi materi konsep musik tonal. Evaluasi pembelajaran dengan pengalaman belajar tonalitas tujuan guru memeratakan musikalitas dengan metode drill. Siswa praktek bernyanyi lagu “happy  birthay” dalam hasil berupa penilaian.

Published
2021-03-31
How to Cite
Mahendra, A., & Yanuartuti, S. (2021). PEMBELAJARAN KONSEP MUSIK BARAT MELALUI PENGALAMAN BELAJAR TONALITAS DI SMA LABSCHOOL UNESA KELAS XI. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1), 120-135. https://doi.org/10.26740/jps.v10n1.p120-135
Section
Articles
Abstract Views: 631
PDF Downloads: 733