PEMBELAJARAN MUSIK ANGKLUNG PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP KRISTEN YBPK SIDOREJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v12n2.p323-339Keywords:
Covid-19, pembelajaran, project based learning, Seni Musik, AngklungAbstract
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap Pembelajaran Musik Angklung di SMP Kristen YBPK Sidorejo. Tujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil pembelajaran Musik Angklung pada masa pandemi Covid-19 di SMP Kristen YBPK Sidorejo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru Mata Pelajaran Seni Budaya dan peserta didik kelas VIII. Validasi data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pembelajaran Musik Angklung di SMP Kristen YBPK Sidorejo Kelas VIII Semester 2 pada masa pandemi Covid-19 dilaksanakan secara tatap muka terbatas dengan selalu mematuhi protokol kesehatan. Pada pembelajaran dilakukan beberapa penyesuaian KI/ KD, RPP, metode pembelajaran, cara penilaian dan jadwal pelajaran mengikuti perkembangan peserta didik terhadap kondisi pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Guru menggunakan model pembelajaran project based learning. Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dalam praktik memainkan alat Musik Angklung dari jumlah 20 orang, 8 peserta didik memiliki keterampilan mahir dan 12 peserta didik terampil. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran Musik Angklung di SMP Kristen YBPK Sidorejo dilaksanakan menggunakan basis project based learning dengan hasil peserta didik meliliki kemampuan terampil dalam bermain Musik Angklung.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. 2013. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiastuti, Pramudita dkk. 2021. Analisis Tujuan Pembelajaran dengan Kompetensi Dasar pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro. https://journal.uny.ac.id/index.php/jee/article/download/37776/15753 Diakses 15 Januari 2023
Cahyadi, Nurdin. 2018. Angklung. https://disdik.purwakartakab.go.id/berita/detail/angklung?/berita/detail/angklung Diakses 6 Januari 2023.
Djamaluddin, Ahdar. Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Parepare: CV Kaaffah Learning Center.
Hanafy, Muh. Sain. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5 Diakses pada 15 Januari 2023
Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Herliandry, Luh Devi. Nurhasanah. Maria Enjelina Suban. Heru Kuswanto. 2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp Diakses pada 20 April 2022.
Kosilah. Septian. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/download/214/185 Diakses pada 16 Januari 2023.
Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran. Jurnal. https://media.neliti.com/media/publications/333175-fungsi-dan-peran-media-pembelajaran-seba-567ef6c4.pdf Diakses pada 15 Januari 2023.
Mokambu, Fitrianingsih. 2021. Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SDN 4 Talaga Jaya. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/viewFile/1051/758 Diakses pada 25 Januari 2023.
Purwanto, M. Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rani, Desi, Eka, Putri. 2022. Strategi Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Ekstrakulikuler Seni Tari di SMP Negeri 1 Ambulu Jember. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/42470/36527 Diakses pada 6 Januari 2023.
Rigianti, H. A. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara/article/download/936/659 Diakses pada 14 Januari 2023.
Shomhadi, M. 2019. Analisis Tindak Tutur Ilokusioner Guru dan Murid dalam Proses Belajar Mengajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi. http://repository.unisda.ac.id Diakses pada 15 Januari 2023
Suciyati, Rina, Nurhaida dan Vitoria. 2017. Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Siswa Pada Sub Tema Hidup Rukun Pada Tema Bermain di Kelas II SDN 14 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1). 59-72. https://media.neliti.com/media/publications/188361-ID-pelaksanaan-penilaian-hasil-belajar-siswa.pdf Diakses 16 Januari 2023
Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru Bandung.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syarif, Edi Y. 2020. Mendikbud Jelaskan Tujuan Kurikulum Darurat. https://www.tagar.id/mendikbud-jelaskan-tujuan-kurikulum-darurat Diakses 14 Januari 2023.
Usman, Muhammad, Uzer. 2012. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Utama, Muhammad, Purnawan, Angga. 2019. Pembelajaran Ansambel Angklung di SMPN 3 Banguntapan. Skripsi. http://digilib.isi.ac.id/5844/1/BAB%20I%20Pendahuluan.pdf Diakses pada 24 Januari 2023.
Yamin, M. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

