PENERAPAN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING SENI MUSIK MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF PEAR DECK DI SMPN 5 SIDOARJO

Authors

  • Annisa Rizqi Ahmadi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Media Pembelajaran, Pear Deck, Hybrid Learning, Seni Musik

Abstract

Tingginya kasus covid-19 di Sidoarjo menyebabkan kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dengan Hybrid Learning. Pembelajaran seni budaya menuntut siswa untuk aktif, sehingga diterapkan media belajar interaktif Pear Deck di SMPN 5 Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pembelajaran Hybrid Learning Seni Musik menggunakan media interaktif Pear Deck. Pear Deck merupakan bagian add on  dari google slide yang memiliki berbagai macam fitur membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Media Pear Deck dipilih dengan harapan alat ini dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video, diharapkan dapat memudahkan siswa dalam berinteraksi dan memiliki pemahaman pada Hybrid Learning Seni Musik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tambahan data kuantitatif. Lokasi penelitian di SMPN 5 Sidoarjo dengan objek penelitian kegiatan belajar mengajar Hybrid Learning Seni Musik kelas IX SMPN 5 Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Seni Musik Hybrid Learning dengan media interaktif Pear Deck mengkombinasikan teks, audio, video, animasi sesuai dengan perencanaan. Pembelajaran Hybrid Learning dengan menggunakan Pear Deck dapat mendorong siswa aktif sehingga hasil belajarnya meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Amelia, Zulfa, dkk. (2021). Pembelajaran Daring Seni Budaya Di Kelas VIII A4 SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Seni Ruga Undiksha, Volume 1 Nomor 2, pp.80-90, 2021.

Amiq. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kemuhammadiyahan Terhdap Religius Aspek Amal Siswa Dalam Organisasi IPM. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Sunan Kalijaga.

Fahrina, Amelia, dkk. 2020 Guru Dan Pembelajaran Inovatif Di Masa Pandemi Covid-19.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziz, Luqman Aulia. 2020. Sistem Pembelajaran Daring. Universitas Brawijaya.

Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, 2003, Undang-Undang dan Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional.

C. D, Holden. 1977, The art in General Education : Aesthetic Education dalam Rubin L (ed). Curriculum Handbook. Boston L Allyn and Bacon, p.p 122-132.

Elza Yuniartha. 2020. Pembelajaran Daring SMK Muhammdiyah 2 Palembang Melalui Aplikasi EduMu Di Tengah Covid-19.

I Ketut Sudarsana dkk. 2020. covid-19 Perspektif Pendidikan. Yayasan kita menulis

Kemendikbud, Surat Edaran No 4 Tahun 2020. Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Khair, Putra, dkk. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Melalui Daring Di SMP Negeri 26 Padang. E-Jurnal Sendratasik, Volume 10 Nomor 2, Hal 31-40.

K., R. Gilang. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Penerbit Lutfi Gilang. Banyumas.

Jazuli, M. 2000. Tiada Kekuasaan Tanpa Keunggulan. Makalah Kongres Pendidikan Nasional, Jakarta 11-20 September 2000.

Lansing, K.M. 1990. Art, Artists and Education. London : McGrawHill Book Company. Vol.2 No.2/Mei-Agustus

Munir. (2010). Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung: Alfabeta. Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka Press.

Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: Remaja. Rosda Karya

Nirwana, dkk. 2012 Pendidikan Kemuhammadiyahan. SMP/MTs Kelas 7. Yogyakarta: MPDM PW Muhammadiyah.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: CV. Alfabeta.

Safrina, Rien. 1999. Pendidikan Seni Musik. Jakarta: Debdikbud.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Setijadi, et.al. (2005).

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surono, Cut Kamaril. 2001. Konsep Pendidikan Seni Tingkat SD-SLTPSMU. Makalah Semiloka Pendidikan Seni. Jakarta 18-20 April 2001.

Tim Pengembang Pendidikan Seni FBS Semarang. 2001. Konsep Pendidikan Seni di Indonesia. Makalah Semiloka Pendidikan Seni, Jakarta 18-20 April 2001.

Yulaelawati, Ella. 2001. Pendekatan Kompetensi dalam Perubahan Kurikulum Nasional Pendidikan Seni. Makalah Semiloka Pendidikan Seni, Jakarta 18-20 April 2021

Pustaka Maya

Pelatihan Peningkatan Pengajaran Jarak-Jauh Secara Daring. https://see.telkomuniversity.ac.id/pelatihan-peningkatan-pengajaran-jarakjauh-secara-daring-dalam-menghadapi-pandemi-covid-19-untuk-guruguru-smp-n-25-bandung/

Toifur, Imam. Hybrid Learning, Solusi Atasi Learning Loss dalam Pembelajaran di Masa Pandemi.

https://radarsemarang.jawapos.com/artikel/untukmu-guruku/2022/01/07/hybrid-learning-solusi-atasi-learning-loss-dalam-pembelajaran-di-masa-pandemi/

Downloads

Published

2022-05-29

How to Cite

Ahmadi, A. R. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING SENI MUSIK MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF PEAR DECK DI SMPN 5 SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(2), 291–304. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/45860

Issue

Section

Articles
Abstract views: 300 , PDF Downloads: 316