OPTIMALISASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM HYBRID LEARNING PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA (TARI) DI SMP NEGERI 50 SURABAYA
Keywords:
Optimalisasi, Media Pembelajaran, Hybrid Learning, Seni Budaya, TariAbstract
Model hybrid learning memerlukan perencanaan yang baik guna mengisi kesenjangan pendidikan di masa pandemi. Oleh sebab itu memilih media pembelajaran yang efektif supaya proses belajar berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan optimalisasi media pembelajaran dalam hybrid learning pada Matapelajaran Seni Budaya Tari di SMP Negeri 50 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini ialah guru Mata pelajaran Seni Budaya dan siswa. Tahap analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah peran media pembelajaran sangat penting pada mata pelajaran Seni Budaya Tari, sebab kegiatan pembelajaran Seni Budaya Tari menggunakan muatan teori dan praktik. SMP Negeri 50 Surabaya menggunakan salah satu platform Learning Management System (LMS) yaitu Microsoft Teams yang memiliki beberapa fitur menarik untuk digunakan dalam pembelajaran Seni Budaya Tari. Media pembelajaran agar lebih optimal perlu didukung media penunjang untuk membuat suasana belajar menjadi menyenangkan seperti Youtube, Canva, Microsoft Office Power Point dan WhatsApp. SMP Negeri 50 Surabaya memilih media pembelajaran didasari oleh fungsi praktis dan komunikatif sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal dan siswa mampu menyerap materi dengan maksimal.