Pembelajaran Seni Budaya (Seni Musik) Melalui Project Based Learning Di SMAN 1 Talun Blitar
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v13n1.p100%20-%20114Keywords:
Seni Musik, Project Based LearningAbstract
Pembelajaran Seni Budaya di SMAN 1 Talun pada kelas X mempelajari mengenai seni musik dengan materi manajemen pertunjukan musik menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Seni musik dapat mempengaruhi perkembangan belajar kepada siswa, menambah pengetahuan, menumbuhkan kreativitas, dan untuk meningkatkan rasa cinta terhadap budaya. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning memberikan manfaat yang dapat menggali ide kreatif dalam menghasilkan sebuah produk atau karya dengan cara berkelompok.
Peneliti dalam melakukan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMAN 1 Talun. Objek dalam penelitian ini yaitu Pembelajaran menggunakan model Project Based Learning pada mata pelajaran seni musik. Lokasi penelitian di SMAN 1 Talun, Kabupaten Blitar. Sumber data yang digunakan peneliti yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, validitas data, dan triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran seni budaya (seni musik) menggunakan Project Based Learning membuat siswa dapat merencanakan, mengelola, mengawasi, dan mengorganisasikan suatu pertunjukan seni musik dengan baik. Terdapat kendala dalam pembelajaran seni musik yaitu dari guru dan siswa.
Kata Kunci: Seni musik, Project Based Learning
Downloads
References
Pelajaran Seni Musik Kelas IX A dan IX B di SMPN 1 Sewon (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).
Ahmad, S. (2013) Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group.
Banoe, Pono. 2013. Metode Kelas Musik. Jakarta: Kanisius.
Buck Institute for Education. 1999. Project Based Learning.
Grant, M.M. 2002. Getting A Grip Of Project Based Learning : Theory, Cases and Recomandation. North Carolina : Meredian A Middle School Computer Technologies. Journal vol. 5.
Hasibuan, Malayu, SP, 2014, Managemen Dasar Pengertian dan Masalah, Jakarta. Haji Masagung
Murbiyantoro, H. (2012). Manajemen produksi pertunjukan Surabaya Symphoni Orchestra di Surabaya sebagai sarana pendidikan apresiasi musik. Catharsis, 1(1).
Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan.
Kemendikbud. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum.
PRAMUDITA, D. A. G., & HANDAYANINGRUM, W. (2018). PEMBELAJARAN ANSAMBEL REKORDER DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI MTS ABDUL QADIR NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 7(1).
Putra, R. S. (2022). Pembelajaran Musik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Kelas XI. Jurnal Penelitian Musik, 3(1), 81-112.
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sinaga, Y. (2016). ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR ARANSEMEN MUSIK NON TRADISIONAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DOLOK PANRIBUAN (Doctoral dissertation, UNIMED).
Soedarsono, SP. 1990. Tinjauan Seni, Saku Dayar Sana Yogyakarta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta
Thomas, J.W., Mergendoller, J.R., & Michaelson, A. (1999). Project Based Learning: A handbook for middle and high school teachers. New York.: The Buck Institute For Education.
Wena, M. (2014). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: Satuan tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
How to Cite
Issue
Section
