PEMBELAJARAN GAMELAN JAWA MENGGUNAKAN APLIKASI “GATOEL” DI SMAN 1 KAWEDANAN MAGETAN
Abstract
Dalam proses pembelajaran, pendidik selalu memberikan pembelajaran yang menarik kepada peserta didiknya. Salah satunya pembelajaran Gamelan Jawa menggunakan aplikasi “Gatoel” yang diterapkan pendidik di SMAN 1 Kawedanan Magetan. Media yang digunakan smartphone berbasis OS Android. Hal tersebut dikarenakan kurangnya sarana prasarana sekolah yaitu Gamelan Jawa, sehingga pendidik berupaya memberikan materi tentang pengenalan bermain Gamelan Jawa melalui sebuah aplikasi yang terdapat pada smartphone Android. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi dan hasil pembelajaran Gamelan Jawa menggunakan aplikasi “Gatoel“ di SMA N 1 Kawedanan Magetan. Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas, serta metode praktik. Model dalam pembelajaran ini discovery learning, dengan pendekatan scientific learning. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Gamelan Jawa menggunakan aplikasi “Gatoel” dapat berjalan dengan baik dan sesuai prosedur pembelajaran. Hal ini dibuktikan tingkat pemahaman materi yang baik serta antusias peserta didik dalam pembelajaran ini. Hasil pembelajaran Gamelan Jawa menggunakan aplikasi Smartphone “Gatoel” di SMAN 1 Kawedanan sudah memenuhi pencapaian tujuan dalam pembelajaran. Terbukti respon 56% peserta didik sangat baik dan tes akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata > 80 peserta didik adalah 83% dalam pembejaran ini.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sendratasik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PDF Downloads: 439