PEMBELAJARAN BIOLA GRADE 11 SECARA DARING DI LEMBAGA KURSUS MOSHI-MOSHI CREATIVE MUSIC SCHOOL

  • Bayu Aji Wicaksono Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pembelajaran Biola, Daring

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar dalam aspek pendidikan. Moshi-moshi Creative Music School (MCMS) adalah salah satu lembaga pendidikan musik nonformal yang memiliki kurikulum khusus yang dirancang oleh Yamaha Music Foundation Jepang (YMF). Tujuan dari penelitian ini ialah mengkaji bagaimana MCMS melakukan pembelajaran biola secara daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan sumber pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dengan sumber informan berupa siswa, guru, dan direktur MCMS. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Validitas data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran biola yang dilakukan secara daring oleh MCMS dilaksanakan dengan mengacu pada kurikulum YMF. Pembelajaran biola menggunakan model pembelajaran  daring dengan alokasi waktu 30 menit, terdiri dari persiapan, kegiatan inti, penutup. Pada setiap tahapan, memiliki metode yang berbeda dimana terdiri dari metode ceramah, demonstrasi, imitasi dan drill. Media/aplikasi pembelajaran menggunakan zoom meeting, materi buku yang sudah disediakan, serta media aural. Sementara itu, terdapat evaluasi mikro dan evaluasi makro pada pembelajaran di MCMS. Pembelajaran biola secara daring ini dapat dikatakan cukup baik dan efektif walaupun tetap masih belum dilakukan secara optimal dalam melakukan pembelajaran daring dimana terdapat aspek yang belum terpenuhi yaitu kreativitas dalam melakukan pembelajaran daring.

Published
2022-08-22
How to Cite
Wicaksono, B. (2022). PEMBELAJARAN BIOLA GRADE 11 SECARA DARING DI LEMBAGA KURSUS MOSHI-MOSHI CREATIVE MUSIC SCHOOL. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 209-224. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/48475
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 73