PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MAPEL SENI BUDAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 4 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v11n1.p154-172Keywords:
Kurikulum Mandiri, Pembelajaran DaringAbstract
Salah satu lembaga pendidikan yang melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan penyederhanaan kurikulum secara mandiri adalah SMP Negeri 4 Surabaya. Tujuan penulisan ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran penyederhanaan kurikulum secara mandiri pada masa Pandemi Covid-19 dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari guru Mata Pelajaran Seni Budaya dan peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Surabaya. Validasi data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Dalam pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya, SMP Negeri 4 Surabaya menggunakan pembelajaran berbasis daring. Dalam hal ini SMP Negeri 4 Surabaya melakukan penyederhanaan terhadap kompetensi dasar pada beberapa materi dalam satu semester. Pembelajaran dilakukan melalui video conference dengan menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Dalam pelaksanaannya, terdapat perubahan pola pembelajaran yang mempengaruhi komponen pembelajaran. Guru menggunakan metode ceramah dan demonstrasi pada proses pembelajaran di dalam kelas. Pada penugasan dan ujian teoritis dan praktis dilakukan melalui Microsoft teams dalam bentuk tulisan, audio dan video. Pelaksanaan pembelajaran ini memiliki hasil yang kurang maksimal dibandingkan dengan pertemuan tatap muka di dalam kelas.