PEMBELAJARAN RONTEK UNTUK MENGENALKAN NILAI KEARIFAN LOKAL DI SDN 2 JERUK PACITAN

Authors

  • Puput Anjar Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Setyo Yanuartuti Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v10n1.p54-67

Keywords:

pembelajaran, rontek, kearifan lokal

Abstract

Musik rontek merupakan salah satu kearifan lokal masyarakat Kabupaten Pacitan. Musik rontek berbentuk ansambel musik dengan instrumen utama the-thek (kenthongan). Dalam musik rontek terkandung nilai-nilai kearifan lokal yang harus diwariksan kepada generasi muda. SD Negeri 2 Jeruk menggunakan musik rontek untuk mengenalkan nilai-nilai kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis ada 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam musik rontek terkandung nilai-nilai kearifan lokal yaitu religiusitas, nasionalis, kesederhanaan dan kerja sama. Tujuan pembelajaran musik rontek adalah untuk mengenalkan nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam musik rontek. Pembelajaran musik rontek di SD Negeri 2 Jeruk dilaksanakan dengan cara mengintegrasikan kedalam muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya kelas IV. Materi yang digunakan adalah materi seni musik dengan kompetensi dasar 3.2 mengetahui tanda tempo dan tinggi rendah nada dan 4.2 menyanyikan lagu dengan memperhatikan tanda tempo dan tangga nada. Guru menggunakan metode ceramah dan metode demontrasi. Guru melakukan evaluasi dengan menggunakan rubrik penilaian dengan kategori sangat baik, baik, cukup dan kurang. Dari hasil pembelajaran menunjukkan bahwa musik rontek dapat digunakan untuk mengenalkan nilai-nilai kearifan lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-18

How to Cite

Pratiwi, P. A., & Yanuartuti, S. (2020). PEMBELAJARAN RONTEK UNTUK MENGENALKAN NILAI KEARIFAN LOKAL DI SDN 2 JERUK PACITAN. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1), 54–67. https://doi.org/10.26740/jps.v10n1.p54-67

Issue

Section

Articles
Abstract views: 252 , PDF Downloads: 388

Most read articles by the same author(s)