MANAJEMEN PENDIDIKAN SENI TERHADAP ANAK JALANAN DI SANGGAR PENSI KABUPATEN BONDOWOSO

Penulis

  • Kartika Ramadhan Universitas Negeri Surabaya
  • Warih Handayaningrum Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v9n2.p206-218

Kata Kunci:

Manajemen, Pendidikan Seni, Anak Jalanan

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Sanggar Pensi Kabupaten Bondowoso yang didirikan oleh Badi Subadi pada tahun 2005. Salah satu kunci kesuksesan Sanggar Pensi dapat bertahan dan tetap eksis yaitu manajemen pendidikan seni yang cukup baik. Pokok permasalahan yang dikaji yaitu bagaimana manajemen pendidikan seni yang diberikan kepada anak jalanan di Sanggar Pensi, dengan tujuan mendeskripsikan manajemen pendidikan seni anak jalanan di Sanggar Pensi yang terdiri dari beberapa aspek yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan dalam menganalisis data langkah yang dilakukan pertama mereduksi data, lalu dilanjutkan dengan penyajian data dan diakhir penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu untuk validitas data. Berdasarkan hasil penelitian dalam mengatur manajemen pendidikan seni, Sanggar Pensi menerapkan empat fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan yang diatur dalam perencanaan jangka panjang dan pendek, diwujudkan dengan program sanggar yang telah dibuat, pengorganisasian dengan penyusunan struktur organisasi dalam mengorganisasikan pendidikan seni, penggerakan yang dilakukan secara bersamaan dengan pelaksanaan pendidikan seni dan pengawasan yang dilakukan secara langsung oleh ketua sanggar, hal tersebut dilakukan agar kegiatan pendidikan seni dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sanggar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-09-07

Cara Mengutip

Ramadhan, K., & Handayaningrum, W. (2020). MANAJEMEN PENDIDIKAN SENI TERHADAP ANAK JALANAN DI SANGGAR PENSI KABUPATEN BONDOWOSO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(2), 206–218. https://doi.org/10.26740/jps.v9n2.p206-218

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 435 , PDF Downloads: 325

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.