PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI KARAWITAN DI SANGGAR BAJRA MUSTHI SMPN 2 TULUNGAGUNG

Authors

  • Yossindra Aji Purnama Universitas Negeri Surabaya
  • Joko Winarko Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v11n1.p108-124

Keywords:

Metode Pembelajaran, Seni Karawitan, Bajra Musthi

Abstract

Pembelajaran Seni Karawitan di Sanggar Bajra Musthi SMPN 2 Tulungagung Propinsi Jawa Timur merupakan objek dalam penelitian ini. Hal ini dikarenakan Sanggar Bajra Musthi  tersebut memiliki capaian-capaian prestasi baik dari tingkat Kabupaten hingga Nasional yang mampu memberikan motivasi kepada Sanggar lain dalam mengembangkan kreativitas dalam menyajikan sebuah karya Seni Karawitan. Metode pembelajaran yang dipakai yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, dan metode drill. Metode tersebut mampu membimbing siswa dalam meraih prestasi di setiap ajang kompetisi. Berdasarkan analisis data yang telah dikumpulkan bahwasanya siswa-siswi yang mengikuti pembelajaran Seni Karawitan dengan menggunakan metode ceramah yaitu siswa mampu memahami teori awal dari materi gending yang akan dipraktikkan. Selanjutnya, siswa diajarkan langsung dengan menggunakan metode demonstrasi yang dimana siswa diajak terjun langsung untuk menerapkan apa yang telah diberikan secara teori dengan memainkan secara langsung yang bertujuan akan lebih semakin terlatih dan terbiasa serta mampu mengolah rasa atau menghayati dari setiap alat musik gamelan yang dipegang. Begitu juga ketika akan mengikuti sebuah pentas seni atau kompetisi maka guru yang melatih melakukan penerapan metode drill yang dilakukan secara terjadwal bertujuan agar siswa tidak hanya mampu dalam memainkan alat musik tapi juga akan terbiasa mampu menghayati suara alat musik dan isi lagu sehingga mempercepat proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-29

How to Cite

Purnama, Y. A., & Winarko, J. (2021). PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI KARAWITAN DI SANGGAR BAJRA MUSTHI SMPN 2 TULUNGAGUNG. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(1), 108–124. https://doi.org/10.26740/jps.v11n1.p108-124

Issue

Section

Articles
Abstract views: 286 , PDF Downloads: 632