Metode Eksplorasi Notasi dalam Pembelajaran Seni Karawitan Berbasis Project Based Learning di SMP Negeri 5 Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v13n1.p278%20-%20291Keywords:
pembelajaran intrakurikuler, pendidikan seni, seni karawitanAbstract
Perubahan kurikulum dari kurikulum 2013 menjadi kurikulum Merdeka serta pentingnya memberikan pendidikan seni kepada para peserta didik, membuat SMP Negeri 5 Sidoarjo memilih untuk memasukkan seni karawitan menjadi pembelajaran intrakurikuler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran seni karawitan di SMPN 5 Sidoarjo dengan menggunakan metode eksplorasi notasi serta mendeskripsikan kendala yang dialami dalam pembelajaranya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mendapatkan sumber data primer serta sekunder yang didapatkan langsung dari narasumber utama dan juga beberapa buku serta dokumen. Pada penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan juga dilengkapi dengan dokumentasi berupa foto dan video penelitian. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa di dalam pembelajaran tentunya perlu untuk memiliki strategi yang pas, salah satunya dengan menemukan metode pembelajaran yang pas seperti metode ekplorasi notasi. Serta menunjukkan pula beberapa kendala yang dialami di dalam pembelajaran. Di dalam pembelajaran memang tak jauh dari kendala, namun itu semua tak menghambat semangat dari para peserta didik maupun guru pengampu untuk mempelajari serta memberi inovasi kepada pembelajaran seni karawitan sebagai bentuk menanamkan rasa cinta kepada budaya asli Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
