PENINGKATAN KARAKTER PELAJAR MELALUI LOMBA TARI TRADISIONAL DI ROYAL PLAZA SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Golda Nur Aini Universitas Negeri Surabaya
  • Noordiana Noordiana Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Peningkatan Karakter Pelajar, Lomba Tari Tradisional, Royal Plaza Surabaya

Abstract

Royal Plaza Surabaya merupakan salah satu mall yang menyelenggarakan lomba Tari Tradisional yang berdampak pada Peningkatan Karakter pelajar. Peneliti membahas tentang Bagaimana pelaksanaan dan Peningkatan Katakter pelajar melalui lomba Tari Tradisional di Royal Plaza Surabaya pada masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan Triangulasi data, di antaranya Triangulasi Teknik, Waktu dan Sumber. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mulai dari mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Pelaksanaan lomba dilakukan dengan penyebaran informasi lomba melalui sistem online yaitu whatsapp, Instagram, dan sedangkan offline nya berdasarkan dari database peserta tahun sebelumnya. Ketersediaan sumber daya di antaranya ada pihak sponsor yang mendukung acara, dan adanya hambatan berupa keadaan cuaca yang tidak menentu. Kebijakan pelaksanaannya yaitu para peserta wajib menggunakan face shield sebelum dan sesudah tampil. Tata kerja atau pelaksanaan lomba yaitu mengatur arus (sirkulasi) penonton agar tetap berjaga jarak. Peningkatan karakter mandiri, ditunjukkan sikap mampu mempersiapkan segala kebutuhan lomba. Peningkatan karakter disiplin, tercermin dari sikap mematuhi tata tertib (datang tepat waktu, tidak bergurau dan tidak bermain Handphone) selama latihan berlangsung. Peningkatan karakter tanggung jawab, dapat terwujud melalui sikap menerima segala konsekuensi apabila telah melanggar tata tertib.

Published
2021-05-27
How to Cite
Aini, G., & Noordiana, N. (2021). PENINGKATAN KARAKTER PELAJAR MELALUI LOMBA TARI TRADISIONAL DI ROYAL PLAZA SURABAYA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(2), 172-189. https://doi.org/10.26740/jps.v10n2.p172-189
Section
Articles
Abstract View: 127
PDF Download: 148