PEMBELAJARAN TARI DENGAN METODE KOMTAL BAGI SISWA TUNARUNGU SLB PURNA YUDA BHAKTI SURABAYA

  • Dwi Kurniawati Universitas Negeri Surabaya
  • Noordiana Noordiana Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pembelajaran Tari, Metode Komtal, SLB Purna Yuda Bhakti Surabaya

Abstract

SLB Purna Yuda Bhakti Surabaya merupakan Sekolah yang menerapkan pembelajaran Seni Tari untuk Tunarungu. Tujuan penelitian yaitu (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni tari untuk siswa Tunarungu yang dilakukan di SLB Purna Yuda Bhakti Surabaya, (2) mendeskripsikan dampak pelaksanaan pembelajaran seni tari untuk siswa Tunarungu yang dilakukan di SLB Purna Yuda Bhakti Surabaya. Jenis Penelitian ini menggunakan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data dan menyimpulkan, memberi penjelasan serta uraian mengenai keseluruhan data didapat dari penelitian, dokumentasi untuk mendapatkan simpulan berdasrkan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rencana Pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Seni tari di SLB Purna Yuda Bhakti Surabaya dibuat oleh Guru dan telah disesuaikan dengan kemampuan setiap individu. Metode Komtal dalam pembelajaran Seni Tari dapat mempermudah siswa dalam belajar, setiap individu akan dapat berkomunikasi sesuai dengan kemampuannya masing-masing tanpa tekanan dari siapapun. Pendekatan Guru yaitu Individual, dengan maksud agar dapat lebih mudah mengetahui kelebihan dan kelemahan tiap individu. Pembelajaran seni tari memiliki dampak yang positif bagi siswa Tunarungu di antaranya melatih diri tentang keindahan, keharmonisan, pengaturan emosi, kesabaran, pengendalian diri, dan juga kepekaan rasa.

Published
2022-04-01
How to Cite
Kurniawati, D., & Noordiana, N. (2022). PEMBELAJARAN TARI DENGAN METODE KOMTAL BAGI SISWA TUNARUNGU SLB PURNA YUDA BHAKTI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(1), 55-67. https://doi.org/10.26740/jps.v9n1.p55-67
Section
Articles
Abstract Views: 114
PDF Downloads: 216