PEMBELAJARAN TARI DENGAN METODE KOMTAL BAGI SISWA TUNARUNGU SLB PURNA YUDA BHAKTI SURABAYA

Authors

  • Dwi Kurniawati Universitas Negeri Surabaya
  • Noordiana Noordiana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v9n1.p55-67

Keywords:

Pembelajaran Tari, Metode Komtal, SLB Purna Yuda Bhakti Surabaya

Abstract

SLB Purna Yuda Bhakti Surabaya merupakan Sekolah yang menerapkan pembelajaran Seni Tari untuk Tunarungu. Tujuan penelitian yaitu (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni tari untuk siswa Tunarungu yang dilakukan di SLB Purna Yuda Bhakti Surabaya, (2) mendeskripsikan dampak pelaksanaan pembelajaran seni tari untuk siswa Tunarungu yang dilakukan di SLB Purna Yuda Bhakti Surabaya. Jenis Penelitian ini menggunakan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data dan menyimpulkan, memberi penjelasan serta uraian mengenai keseluruhan data didapat dari penelitian, dokumentasi untuk mendapatkan simpulan berdasrkan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rencana Pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Seni tari di SLB Purna Yuda Bhakti Surabaya dibuat oleh Guru dan telah disesuaikan dengan kemampuan setiap individu. Metode Komtal dalam pembelajaran Seni Tari dapat mempermudah siswa dalam belajar, setiap individu akan dapat berkomunikasi sesuai dengan kemampuannya masing-masing tanpa tekanan dari siapapun. Pendekatan Guru yaitu Individual, dengan maksud agar dapat lebih mudah mengetahui kelebihan dan kelemahan tiap individu. Pembelajaran seni tari memiliki dampak yang positif bagi siswa Tunarungu di antaranya melatih diri tentang keindahan, keharmonisan, pengaturan emosi, kesabaran, pengendalian diri, dan juga kepekaan rasa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Kurniawati, D., & Noordiana, N. (2022). PEMBELAJARAN TARI DENGAN METODE KOMTAL BAGI SISWA TUNARUNGU SLB PURNA YUDA BHAKTI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(1), 55–67. https://doi.org/10.26740/jps.v9n1.p55-67

Issue

Section

Articles
Abstract views: 163 , PDF Downloads: 298

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.