METODE PELATIHAN KEAKTORAN TEATER REKAT DI SMA NEGERI 1 MANTUP LAMONGAN

Metode Pelatihan Teater Rekat

Authors

  • Muhamad Zakariya Zakariya 085808316581

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v12n2.p423%20-%20433

Keywords:

Metode, Pelatihan, Keaktoran, Teater Rekat

Abstract

Metode adalah tahap awal bagi pembina atau pelatih untuk membentuk seorang aktor. Metode pelatihan seorang aktor sebagai langkah awal yang menjadi bagian penting bagi seluruh pelatih teater di Indonesia untuk menerapkan metode terbaiknya, terlebih dalam ruang pelajar SMA sederajat. Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yakni tentang metode pelatihan serta penerapan metode pelatihan yang ada di ekstrakulikuler Teater Rekat SMA Negeri 1 Mantup. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan metode kualitatif untuk dapat mendeskripsikan informasi dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu; observasi, wawancara, dan dokumentasi.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teater Rekat SMA Negeri 1 Mantup mempunyai metode pelatihan keaktoran yang terbagi menjadi 3 tahapan, yakni tahap satu, tahap dua, dan tahap tiga. Tahap satu terdiri dari teknik olah tubuh, olah rasa, olah ekspresi, dan olah vokal. Tahap dua terdiri dari teknik menghidupkan mata, moving atau bergerak berpindah, tingkatan tempo dialog, teknik muncul dan teknik keluar serta tempo permainan. Tahap tiga terdiri dari teknik niat dan teknik tangiskan dirimu sebelum menangiskan orang lain.

Dalam penerapanya, pelatih mengkombinasikan metode keaktoran dari WS. Rendra yang meliputi ; pemain yang hidup, mendengar dan menangapi, kejelasan ucapan, tekanan ucapan, kerasnya ucapan, membina klimaks, bergerak dengan alasan, cara muncul dan keluar serta tempo permainan. Selain itu, pelatih juga menggunakan metode keaktoran Stanislavski yang meliputi; motivasi, imajinasi, pemusatan pikiran (konsentrasi), komunikasi atau hubungan batin, dan sistem "bit".

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-27

How to Cite

Zakariya, M. Z. (2023). METODE PELATIHAN KEAKTORAN TEATER REKAT DI SMA NEGERI 1 MANTUP LAMONGAN: Metode Pelatihan Teater Rekat. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(2), 423–433. https://doi.org/10.26740/jps.v12n2.p423 - 433

Issue

Section

Articles
Abstract views: 126

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.