PELATIHAN EKSTRAKURIKULER TEATER PADA SISWA DI SMA NEGERI 2 LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v12n2.p307-322Keywords:
pelatihan, ekstrakurikuler, teaterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti, menganalisis dan menjelaskan mengenai pelatihan, kendala dan pencapaian dari ekstrakurikuler Teater di SMA Negeri 2 Lamongan, meningkatkan kualitas dan kreativitas siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler teater melalui proses pelatihan dengan menggunakan pendekatan teknik pelatihan WS. Rendra dan teknik tambahan dari pelatih, menumbuhkan semangat siswa yang bergabung dalam ekstrakurikuler teater dalam menghadapi kendala serta menambah apresiasi seni pada siswa terutama dibidang seni teater. Penelitian dilakukan dengan menggunakan Metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observarsi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelatihan ekstrakurikuler teater memerlukan tahapan dan teknik pelatihan yang baik dan benar agar dapat mencapai pelatihan yang baik, seperti melakukan tahapan pembedahan naskah, pembacaan naskah, latihan dialog, menggunakan teknik latihan olah tubuh, olah vokal dan olah rasa. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya apresiasi dari pihak sekolah dan kurangnya minat siswa dalam kegiatan berteater karena pandangan negatif dari berbagai pihak. Pencapaian yang dimiliki berupa prestasi lomba, pentas produksi, serta penampilan tambahan untuk merayakan hari besar seperti Hari Pahlawan dan sebagainya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

