STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORIK DAN HEURISTIK EKSTRAKURIKULER SMP PGRI 1 BUDURAN SIDOARJO DALAM MENGUKIR PRESTASI DI BIDANG SENI

  • Ayu Sofviya Puspitasari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

SMP PGRI 1 Buduran merupakan salah satu Sekolah swasta di Sidoarjo yang terkenal akan prestasinya di bidang seni tari. Banyak prestasi yang telah diraih hal ini dikarenakan keunggulan strategi pembelajaran Ekstrakurikuler SMP PGRI 1 Buduran. Tujuan penelitian (1) menganalisis strategi pembelajaran Ekstrakurikuler SMP PGRI 1 Buduran dalam mengukir prestasi di bidang seni (2) mendeskripsikan hasil prestasi Ekstrakurikuler SMP PGRI 1 Buduran. Data penelitian ini berupa fenomena, berbagai prestasi, serta kata-kata maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data terdiri dari guru Ekstrakurikuler tari, Koordinator kesenian, dan peserta didik sumber data lain berupa foto dan web. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data yang digunakan penelitian ini yaitu triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data, dan simpulan. Hasil dari penelitian ini guru Ekstrakurikuler menggunakan strategi pembelajaran ekspositorik dan heuristik. Hasil prestasi Ekstrakurikuler berupa kemampuan menari dari siswa, kejuaraan lokal maupun nasional, dan mendapat kepercayaan untuk tampil di salah satu acara televisi setiap tahunnya. Simpulan strategi pembelajaran ekspositorik dan heuristik efektif mencapai tujuan pembelajaran Ekstrakurikuler serta menghasilkan prestasi.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Ekstrakurikuler Seni, Ekspositorik, Heuristik

Published
2022-06-16
How to Cite
Puspitasari, A. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORIK DAN HEURISTIK EKSTRAKURIKULER SMP PGRI 1 BUDURAN SIDOARJO DALAM MENGUKIR PRESTASI DI BIDANG SENI. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 30-45. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/45584
Section
Articles
Abstract Views: 152
PDF Downloads: 641