STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM EKSTRAKURIKULER KOMPENI ESEMKADA DI SMK NEGERI 2 KOTA PROBOLINGGO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v12n2.p340-356Keywords:
Strategi Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Kompeni EsemkadaAbstract
SMK Negeri 2 Kota Probolinggo tidak hanya unggul dalam bidang teknik dan industri. Kompeni Esemkada merupakan salah satu keunggulan dari SMK Negeri 2 Kota Probolinggo dalam bidang kesenian pada ekstrakurikuler musik kolaborasi. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis bagaimana strategi pembelajaran yang dilaksanakan dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Fokus permasalahan ditujukan pada proses pelaksanaan pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler musik kolaborasi yang ditinjau dari aspek (1) strategi pembelajaran ekstrakurikuler, (2) tahapan atau langka-langka yang dilakukan dalam pembelajaran strategi ekstrakurikuler musik kolaborasi Kompeni Esemka . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Subjek penelitian ini adalah pelatih ekstrakurikuler musik kolaborasi dan peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler musik kolaborasi Kompeni Esemkada . Pengumpulan data berupa hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, kemudian data disajikan dan ditarik kesimpulan. Penerapan strategi Cooperative dengan metode tipe Jigsaw sebagai implementasi dalam melatih peserta didik ekstrakurikuler musik kolaborasi. Metode ceramah, metode diskusi, metode unjuk rasa, metode pendampingan dan metode latihan (drill) sebagai metode pendukung.Harapan dalam tujuan pembelajaran agar dapat menarik minat dan bakat peserta didik juga sebagai wadah penyalur dan pengembangan potensi dalam bermusik.
Downloads
References
Akmalia, Azmi. 2021. SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.
https://www.academia.edu/45140299/SISTEM_PENDIDIKAN_NASIONAL
Budiana, Irwan dkk. 2022. Strategi Pembelajaran. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Haidir & Salim. 2012. Strategi Pembelajaran (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif). Medan : PT. Perdana Publishing
Kurniawan, Rambang. 2015. STRATEGI PEMBELAJARAN BAND PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 1 BANGSRI JEPARA.
http://anjasmara.uny.ac.id/Record/eprints-26733
Moeloeng, Lexy J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 62 Tahun 2014 Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler
http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_62_14.pdf
Pratama, Rizkiana dkk. 2021. PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI MUSIK. Vol. 8, No. 4.
https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/41900
Purwanto, Made Windu Agung. 2022. PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR KENDANG KRUMPUNGAN GAYA PELIATAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SANGGAR GAMELAN SULING GITA SEMARA. Vol. 2, No. 1.
https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/pensi/article/view/1716
Putra, I Nyoman Juanda dkk. 2014. PENGARUH AKTIVITAS PEMBELAJARAN APRESIASI SENI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA MENGENAI SENI KARAWITAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN ARTISTIK SISWA DI SMA NEGERI 1 SAMARAPURA. Vol 4.
https://media.neliti.com/media/publications/207444-pengaruh-aktivitas-pembelajaran-apresias.pdf
Riadi, Muchlisin. 2019. Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenis Ekstrakurikuler,
https://www.kajianpustaka.com/2019/01/pengertian-fungsi-tujuan-dan-jenis-ekstrakurikuler.html?m=l
Sobandi, Bandi. 2010. METODE PEMBELAJARAN SENI RUPA.
Sulistyawati, Lia Anggraini. 2017. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DRUM BAND BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLB NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA. Vol. 6, No. 2.
https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/6887
Suprijono, Agus. 2009. COOPERATIVE LEARNING : TEORI & APLIKASI PAIKEM. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

