PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN BANYUWANGI DI SMPN 2 ROGOJAMPI

  • Sonta Mahendra Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suwahyono Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Karawitan Banyuwangi

Abstract

Tujuan dari  penelitian  ini  yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran ekstrakurikuler Karawitan Banyuwangi yang meliputi materi, strategi, dan metode pembelajaran di SMPN 2 Rogojampi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer yang diambil secara langsung kepada narasumber Muhammad Ikwan dan H. Agus Syafii, S.Pd, lalu sumber data sekunder didapat dari berbagai macam sumber misalnya buku dan dokumen. Data-data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler Karawitan Banyuwangi di SMPN 2 Rogojampi terlaksana dengan strategi yang dimiliki oleh guru dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspository, yaitu strategi pembelajaran yang menekankan pada proses penyampaian materi secara verbal dari guru kepada siswa agar menguasai materi secara optimal. Pembelajaran ekstrakurikuler Karawitan Banyuwangi menggunakan metode ceramah dan metode demonstrasi yang digunakan oleh guru saat pembelajaran. Kedua metode tersebut sangat memudahkan siswa dalam memahami materi yang telah diberikan yakni notasi Gendhing Padang Ulan dan notasi iringan Tari Jejer Jaran Dawuk sehingga siswa mampu menguasai materi dengan baik.

Published
2021-01-26
How to Cite
Mahendra, S., & Suwahyono, A. (2021). PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN BANYUWANGI DI SMPN 2 ROGOJAMPI. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(2), 244-260. https://doi.org/10.26740/jps.v9n2.p244-260
Section
Articles
Abstract Views: 167
PDF Downloads: 292