PEMBELAJARAN PIANO MENGGUNAKAN MEDIA 3KW PADA ANAK DOWN SYNDROME DI SFORZANDO MUSIC SCHOOL SIDOARJO

  • NURIDZA SHALEHA DENHAS
  • AGUS SUWAHYONO

Abstract

Sforzando merupakan lembaga non formal/kursus musik yang menyelengarakan pendidikan inklusi. Banyak ABKyang mengikuti kursus musik di lembaga yang beralamatkan di Jl. Raya Taman Asri D 35 A Waru-Sidoarjo ini. Pada kenyataanya tidak semua kursus musik mampu menyelenggarakan pendidikan inklusi. Hal ini yang mendasari peneliti ingin mengkaji lebih lanjut mengenai proses pembelajaran musik khususnya piano serta apa saja faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian kali ini adalah pembelajaran piano menggunakan media 3KW (Kertas, Karet, danKoin warna). Subjek penelitian adalah siswa ADS yang mengikuti kursus piano di Sforzando. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, serta mendokumentasikan proses pembelajaran secara langsung. Selanjutnya, analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber.

Berdasarkan hasil penelitian kali ini dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran piano untuk ABK memiliki beberapa tahap: bernyanyi, menirukan, membaca, mendengarkan, dan mencoba. Secara lebih lanjut, dapat disimpulkan pula bahwa faktor pendukung dalam proses pembelajaran ini antara lain adalah orang tua siswa sangat antusias. Baiknya hubungan guru-wali murid, antarwali murid, antarsiswa, dan pegawai juga merupakan faktor pendukung keberhasilan proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat meliputi kondisi fisik siswa yang kelelahan dan tidak enak badan sehingga proses pembelajaran kurang maksimal.

Kata kunci: Pembelajaran piano, Media 3KW, down syndrome
Published
2019-09-12
How to Cite
SHALEHA DENHAS, N., & SUWAHYONO, A. (2019). PEMBELAJARAN PIANO MENGGUNAKAN MEDIA 3KW PADA ANAK DOWN SYNDROME DI SFORZANDO MUSIC SCHOOL SIDOARJO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 7(1). https://doi.org/10.26740/jps.v7n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 124