METODE PEMBELAJARAN PADUAN SUARA ONE VOICE SMP NEGERI 1 SURABAYA DALAM RANGKA KARANGTURI INTERNATIONAL CHOIR COMPETITION 2019

  • Supali Gunarno Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Dharmawanputra Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Metode Pembelajaran, Paduan Suara, One Voice

Abstract

Paduan suara One Voice SMP Negeri 1 Surabaya terkenal dengan beberapa prestasinya baik di tingkat nasional maupun internasional. Semenjak Alexander Lassol menjadi pelatih di SMP Negeri 1 Surabaya pada tahun 2015, prestasi One Voice mulai meningkat drastis. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab ketiga rumusan masalah yaitu tentang perencanaan latihan One Voice, metode pembelajaran One Voice, serta hasil pembelajaran One Voice. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif. Objek dari dari penelitian ini ialah metode pembelajaran paduan suara One Voice SMP Negeri 1 Surabaya Dalam Rangka Karangturi International Choir Competition 2019, pengumpulan data di lakukan dengan wawancara, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran dalam rangka Karangturi International Choir competition 2019 ini One Voice memiliki perencanaan latihan yang didalamnya meliputi rencana latihan fisik, latihan vokal, dan latihan pendengaran/menyimak. Alexander Lassol selaku pelatih paduan suara One Voice, menerapkan 3 metode dalam pembelajarannya. Tiga metode yang diterapkan oleh pelatih Alexander Lassol pada pembelajaran paduan suara One Voice SMP Negeri 1 Surabaya adalah metode linear, metode latihan bersama teman, dan Metode drill. Hasil pembelajaran One Voice dalam rangka mengikuti Karangturi Choir Competition 2019 kali ini mengalami penurunan.

Published
2021-04-14
How to Cite
Gunarno, S., & Dharmawanputra, B. (2021). METODE PEMBELAJARAN PADUAN SUARA ONE VOICE SMP NEGERI 1 SURABAYA DALAM RANGKA KARANGTURI INTERNATIONAL CHOIR COMPETITION 2019. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(2), 136-150. https://doi.org/10.26740/jps.v10n2.p136-150
Section
Articles
Abstract View: 179
PDF Download: 105