STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI PADA PESERTA DIDIK DISABILITAS RUNGU DI SMPLB NEGERI JEMBER

Penulis

  • Adi Bagus Syahril Irawan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v12n1.p124-138

Kata Kunci:

Strategi Pembelajaran, Disabilitas Rungu, Seni Tari

Abstrak

Upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran ekstrakurikuler seni tari pada peserta didik disabilitas rungu mempunyai strategi pembelajaran yang berbeda dengan strategi pembelajaran pada umumnya, sehingga peserta didik disabilitas rungu mampu menampilkan dan mengekspresikan dirinya melalui seni tari di hadapan umum. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam pembelajaran ekstrakurikuler seni tari pada peserta didik disabilitas rungu di SMPLB Negeri Jember. (2) Apa saja kendala yang dihadapi saat pembelajaran seni tari pada peserta didik disabilitas rungu di SMPLB Negeri Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dan dikelompokkan menurut kriteria yang sudah ditentukan. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, serta pengujian kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi. Teori yang digunakan dalam pembelajaran ini menggunakan strategi pembelajaran langsung dan pembelajaran interaktif serta dalam berkomunikasi menggunakan pendekatan komunikasi total yang terdiri dari komunikasi oral, manual, dan aural.  Pelaksanaan pembelajaran ini mempuyai beberapa komponen yaitu tujuan, materi, media, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan komunikasi total dan dikombinasikan dengan kedua strategi tersebut, pembelajaran seni tari dapat memberikan suatu pembelajaran yang baik dan membuat peserta didik lebih percaya diri dengan kemampuannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-07-06

Cara Mengutip

Irawan, A. B. S. (2022). STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI PADA PESERTA DIDIK DISABILITAS RUNGU DI SMPLB NEGERI JEMBER. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 124–138. https://doi.org/10.26740/jps.v12n1.p124-138

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 261 , PDF Downloads: 706

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.