METODE CERAMAH DAN DEMONSTRASI DALAM EKSTRAKURIKULER (BAND) PADA MASA PANDEMI DI SMPN 50 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v12n1.pPDFKeywords:
Metode Ceramah, Demonstrasi, Pembelajaran, Ekstrakurikuler, BandAbstract
Salah satu pendidikan seni budaya adalah bidang seni musik yang berperan untuk mengasah kreatifitas dan mengembangkan pengetahuan terkait teori dan kekaryaan musik. Pembelajaran seni musik dilakukan dalam pembelajaran non-formal yaitu kegiatan ekstrakurikuler. Seni musik di SMPN 50 Surabaya dilakukan dengan metode ceramah dan demonstrasi. Dengan bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode ceramah dan demonstrasi dalam ekstrakurikuler musik pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 50 Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler musik band di SMPN 50 Surabaya dapat menyalurkan dan mengembangkan potensi keterampilan bermusik peserta didik. Pada masa pandemi proses pembelajaran ekstrakurikuler beberapa kali dilaksanakan untuk penyampaian teori dan materi musik, namun jika memungkinkan kegiatan ekstrakurikuler musik band dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat.
Downloads
References
Arifa, Nurul Fieka. 2020. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Bidang Kesejahteraan Sosial Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategi, 12(7), 13-18. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-XII-7-I-P3DI-April-2020-1953.pdf Diakses 11 November 2020
Arikunto, S. .2004. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.
Bafadal, Ibrahim. 2005. Dasar-Dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Bumi Aksara CV. Alfabetadari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19 Diakses 20 Maret 2021
Djohan. 2003. Psikologi Musik. Yogyakarta: Buku Baik. Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Harsono. 2008. Model-Model Pengelolaan Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka
Jogiyanto, H. M. 2007. Pembelajaran Metode Kasus Untuk Dosen dan Mahasiswa. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Kemendikbud. 2020. SE Mendikbud : Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja
Keraf, Gorys. 2000. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhadjir, Noeng. 1987. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial Suatu Teori Pendidikan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Pelajar. Pendidikan. Bandung: Kencana
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian: Kajian Budaya dan Ilmu
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Sarwinto, Alfris. 2016. Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Karawitan di SMP Negeri 1 Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta
Siswardanny, Madha Eka. 2017. Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Angklung Dengan Metode Isyarat Di SMA Negeri 3 Magetan. Universitas Negeri Surabaya Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Usman, Moh. Uzer, Lilis Setyowati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

