RELEVANSI LAGU HUJAN RINTIK-RINTIK KARYA A.T. MAHMUD TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

  • Kristiana Apresia UNESA
  • Harpang Yudha Karyawanto UNESA
Keywords: Relevansi, Lagu Hujan Rintik-Rintik, pembelajaran tematik

Abstract

Penelitian ini merelevansikan lagu Hujan Rintik-Rintik pada pembelajaran tematik 8, yaitu peristiwa alam pada pelajaran seni budaya dan prakarya, diambil pada kompetensi dasar 3.2 dan 4.2 kelas 1 SD, mengenal dan meniru elemen musik melalui lagu. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis struktur lagu dan lirik lagu serta relevansinya pada proses belajar tematik siswa kelas 1 SD YBPK Sidorejo II. Metode penelitian menggunakan metode campuran sekuensial memadukan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur dan observasi dari data primer didapat dari sepuluh informan dan sumber data sekunder bersumber dari silabus dan buku yang berhubungan dengan lagu dan pembelajaran tematik.
Hasil penelitian ini adalah analisis struktur lagu terdiri dari 2 bagian kalimat, 4 frase, 5 bagian motif dan frasering yang baik. Analisis struktur lirik memiliki fonetis yang baik, menggunakan gaya bahasa perbandingan dengan majas personifikasi dan menggunakan kalimat deskriptif. Relevansi struktur lagu dan lirik terhadap pembelajaran tematik ialah kemampuan anak menjangkau melodi 95%, menyanyikan lagu sesuai ritmis 94,16% dan kemampuan anak dalam menyanyikan lagu sesuai dengan irama 92,33%, sehingga kemampuan anak dalam kategori sangat baik. Fakta ini didukung hasil penelitian menjangkau melodi, menyanyikan sesuai ritmis dan tempo dinyanyikan dengan benar.

Published
2020-08-05
How to Cite
Apresia, K., & Karyawanto, H. (2020). RELEVANSI LAGU HUJAN RINTIK-RINTIK KARYA A.T. MAHMUD TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(1), 124-139. https://doi.org/10.26740/jps.v9n1.p124-139
Section
Articles
Abstract Views: 185
PDF Downloads: 9401