PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK DHARMAWANITA WRINGINANOM MELALUI METODE BERNYANYI

  • WILIS DWI AMBARWATI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
Keywords: peningkatan, metode bernyanyi, kemampuan kognitif, singing methods, cognitive abilities

Abstract

Salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan  dalam perkembang ialah aspek perkembangan kognitif. Dalam penelitian ini peneliti fokus pada pengembangan kemampuan kognitif anak usia dini yaitu mengenal huruf dan angka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud pelaksanaan metode bernyanyi yang digunakan guru di TK Dharmawanita Wringinanom untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dalam mengenal huruf dan angka. Isi dalam penelitian ini mengkaji tentang proses perkembangan kognitif pada anak dalam mengolah informasi dan memecahkan masalah yang distimulus guru dengan cara belajar sambil bernyanyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan wawancara yang didukung dengan lembar penilaian lingkup perkembangan kognitif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data model interaktif analisis. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapkan metode bernyanyi, anak didik lebih mudah untuk mengenal huruf dan angka, hal ini dapat diukur dengan melihat rubrik penilaian indikator mengenal huruf dan angka yang disusun oleh guru TK Dharmawanita Wringinanom. Dari hasil penelitian dengan melihat indikator kemampuan mengenal angka menunjukan bahwa anak didik berkembang sangat baik. Pada indikator mengenal huruf hasil penelitian menunjukan bahwa anak berkembang sangat baik.

One of the important aspects that need to be developed in development is the aspect of cognitive development. In this study, researchers focused on developing early childhood cognitive abilities, namely knowing letters and numbers. This research aims to describe the implementation of singing methods used by teachers at Dharmawanita Wringinanom Kindergarten to improve the cognitive ability of early childhood in knowing letters and numbers. The content of this study examines the process of cognitive development in children in processing information and solving problems stimulated by teachers by learning while singing. This research uses a qualitative approach. Data retrieval techniques use observations and interviews supported by assessment sheets of the scope of cognitive development. Data analysis techniques in this study use interactive data analysis techniques of analysis models. Data validity techniques are carried out by triangulation of data sources. The results showed that by applying the singing method, it students are easier to get to know letters and numbers, this can be measured by looking at the rubric of assessment of indicators of knowing letters and numbers compiled by kindergarten teacher Dharmawanita Wringinanom. The results of research by looking at indicators of the ability to know numbers show that students develop very well. In the indicators know the letters of the results of the study shows that the child is developing very well.

Published
2022-07-06
How to Cite
AMBARWATI, W. (2022). PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK DHARMAWANITA WRINGINANOM MELALUI METODE BERNYANYI. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 166-179. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/47363
Section
Articles
Abstract Views: 968
PDF Downloads: 1715