KARYA MUSIK “ONE DAY IN SURABAYA” DALAM TINJAUAN HARMONI

  • VICKY FIRMANDHA
  • AGUS SUWAHYONO

Abstract

Karya musik One Day in Surabaya adalah suatu ungkapan dari pendekatan sejarah yang telah dibaca komposer yang dituangkan dalam bentuk komposisi musik. Karya ini dilatarbelakangi oleh satu hari di surabaya dimana terjadi pertempuran yang mencerminkan semangat elemen pemuda dan rakyat Surabaya melawan penindasan tentara Inggris.
Karya One Day In Surabaya ini akan dibahas harmoninya oleh komposer pada setiap bagian lagu. Metode yang dipakai dalam mengkaji adalah metode deskriptif dengan pendekatan ilmu bentuk analisis musik.
Dari hasil pengkajian maka dapat disimpulkan bahwa karya musik One Day In Surabaya memiliki bentuk lagu tiga bagian kompleks yaitu AK (A Kompleks), BK (B Kompleks), CK (C Kompleks). Durasi “One Day in Surabaya” adalah 7 menit 5 detik dengan total birama 192 birama. Pada bagian pertama lagu dimainkan dengan tangga nada A minor, sukat 4/4 dan dimainkan dengan tempo andante, kemudian terdapat perubahan tangga nada menjadi E minor, C Mayor, D Mayor sukat menjadi ¾, 4/4 dan 6/8 dan tempo menjadi moderato dan allegro con brio.
Pada setiap bagiannya memiliki struktur dan terdapat kalimat-kalimat melodi dari setiap kalimat yang dibagi dalam struktur kecil Bagian Komplek (AK, BK, CK). Sedangkan tinjauan harmoni pada karya musik One Day in Surabaya ditinjau dari empat komponen yaitu, progress akord, susunan akord, Jenis harmoni (harmoni terbuka/harmoni tertutup). Harmonisasi terlihat pada komponen akord yang dijelaskan pada setiap biramanya. Dari hasil pengkajian ini dapat diketahui bahwa pada karya musik One Day in Surabaya banyak diterapkan harmoni terbuka dan kurang menggunakan harmoni tertutup demi menunjang cerita latar belakang karya.

Kata kunci : Harmoni, Progresi Akord, Susunan Akord

Published
2018-07-13
How to Cite
FIRMANDHA, V., & SUWAHYONO, A. (2018). KARYA MUSIK “ONE DAY IN SURABAYA” DALAM TINJAUAN HARMONI. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/24097
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 57