KARYA MUSIK “FANTASTICUS CIRCUS” DALAM TINJAUAN STRUKTUR BENTUK MUSIK

  • RAHADYAN WISNU GARUDAPAKSI
  • AGUS SUWAHYONO

Abstract

Karya musik “Fantasticus Circus” merupakan suatu komposisi musik programatik yang mengambil ide tema dari film “The Greatest Showman” yang menceritakan tentang perjalanan karir tokoh Phineas Taylor Barnum dan perjuangannya dalam mengembangkan “Barnum’s Circus”, karya musik “Fantasticus Circus” disajikan dalam format Orchestra.
Karya musik “Fantasticus Circus” ini mengerucut pada tinjauan struktur dari bentuk musik 3 bagian kompleks / besar , bagian Introduksi menggambarkan introduksi tokoh Phineas Taylor Barnum dengan kehidupan yang kelamnya semasa kecil .
Bagian Ak menceritakan tentang usaha Phineas Taylor Barnum dalam membangun usaha pertunjukan sirkus. Pada bagian Bk menceritakan tentang masa kejayaan dan tentang masa sulit yang dialami oleh Phineas Taylor Barnum dalam karirnya, kemudian Bagian Ak yang merupakan bagian Rekapitulasi. Pada bagian ini menggambarkan Barnum’s Circus bangkit dari keterpurukan hingga meraih kesuksesannya kembali.
Karya musik “Fantasticus Circus” memiliki 176 birama, menggunakan tangga nada D minor dengan modulasi ke E minor. modulasi kembali ke tangga nada D minor. Sukat yang digunakan adalah 4/4 dan 3/4.

Kata Kunci : Fantasticus Circus. Struktur Bentuk Musik.
Published
2018-07-17
How to Cite
WISNU GARUDAPAKSI, R., & SUWAHYONO, A. (2018). KARYA MUSIK “FANTASTICUS CIRCUS” DALAM TINJAUAN STRUKTUR BENTUK MUSIK. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/24222
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 52