KARYA MUSIK “SOUND OF OSING” DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI

  • FAISAL BUDI PRATAMA
  • AGUS SUWAHYONO

Abstract

Karya musik Sound Of Osing adalah suatu Karya Musik yang tercipta dari ide musikal musik Banyuangi. Karya musik ini terinspirasi pola kuntulan terbang pada tari jejer jaran dawuk banyuwangi. Tabuhan terbang yang rancak dan atraktif membuat Komposer ingin membuat suatu karya musik dengan format orchestra yang bertemakan musik banyuwangi yang di dalamnya ada syair nyayian dan permainan kuntulan dari alat musik terbang.Terdapat beberapa teknik variasi melodi yang dapat di gunakan, namun dalam karya musik “Sound Of Osing “ kompoer menggunakan 4 teknik variasi melodi dalam penggarapannya, yaitu diantara lain : (1) Dead spot Filler,(2) Melody variation and fake, (3) Rhytmic variation and fake, dan(5) counter melody.
Karya musik “Sound Of Osing “ memiliki empat bagian yang terdiri dari bagian 1, 2, 3,dan 4. Dalam bagian 1 merupakan introduksi dimana Violin 1 dan Violin 2 menjadi melodi utama dengan tempo Andnte.pada bagian 2 terdapat solo Vocaldan di iringi solo violin sebagai Filler yang berfungsi untuk background vocal. Dalam bagian 3 terdapat perubahan tempo dari Andante menjadi allegro di tandai dengan tanda Accelerando sehingga tempo awal andante berubah semakin cepat menjadi tempo allegro dan juga terdapat pola permainan instrument terbang yang memainkan pola timpalan sebagai ciri khas kutulan yang terdapat pada iringan tari Jejer jaran dawuk Banyuwangi. Pada bagian 4 terdapat pola permainan terbang dan kendang dengan tempo allegro yang melakukan solist secara bergantian dimainkan dengan pola yang rancak.
Melalui karya musik “Sound Of Osing” di harapkan mampu menjadi karya musik inspiratif bagi sesama mahasiswa dan tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat luas , karena bermusik dapat digunakan sebagai media komunikasi dengan cara yang berbeda sekaligus menyenangkan, selain itu diharapkan dapat menumbuhkan rasa apresiai tinggi terhadap suatu karya eni khususnya seni musik.

Kata kunci : Sound of Osing, variasi melodi.
Published
2018-07-17
How to Cite
BUDI PRATAMA, F., & SUWAHYONO, A. (2018). KARYA MUSIK “SOUND OF OSING” DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/24221
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 36