KARYA TARI DHUHKITA BRANTA UNGKAPAN RASA SAKIT HATI PUTRI ANDANSARI DAN PUTRI ANDANWANGI DALAM TIPE DRAMATIK

  • MEVIKI JAVA RIYAROSA
  • I NENGAH MARIASA

Abstract

Putri Andansari dan Putri Andawangi adalah putri dari Kediri yang menyukai panji Laras dan panji Liris dari Lamongan, namun cintanya tidak tersampaiakan, koreografer mengangkat cerita tersebut berangkat dari cerita mitos yang ada di Kabupaten Lamongan. Koreografer menemukan permasalahan yang menjadi fokus yaitu rasa sakit hati Putri Andansari dan Putri Andanwangi yang cintaanya ditolak oleh Panji Laras dan Panji Liris. Dalam karya tari dhuhkita branta ini fokus bentuk membahas tentang tipe tari dramatik, sedangkan variabel isinya adalah rasa sakit hati Putri Andansari dan Putri Andanwangi. Kajian pustaka dan kajian teori yang digunakan dalam penyusunan karya diantaranya mengunakan teori bentuk Jaquelin Smith, dan teori koreografi dari Sal Murgianto. Metode penciptaan menggunakan pendekatan konstruksi yaitu metode yang ada pada Jaquelin Smith. Tipe tari ini adalah tipe dramatik karena merupakan tari kelompok dan memunculkan seorang tokoh pada suasana tertentu. Mode penyajian dalam karya tari ini adalah simbolik dengan lima orang penari wanita.
Dalam karya tari ini dibagi menjadi empat bagian. Bagian satu penggambaran tokoh Putri Andansari dan Putri Andanwangi yang sedang jatuh cinta. Bagian kedua, mengungkapan perjuangan Putri Andansari dan Putri Andanwangi dalam mengungkapkan cintanya dengan sebuah prasyarat yang harus dipenuhi yaitu membawa gentong untuk Panji Laras dn Panji Liris dan juga mengungkapkan penolakan cinta. Bagian ketiga, mengungkapkan kekecewaan sang Putri Andansari dan Putri Andanwangi karena mengalami penolakan cinta. Bagian keempat, mengungkapkan kemarahan yang meluap pada diri Putri Andansari dan Putri Andanwangi.

Kata kunci : mitos, Putri Andansari, Putri Andanwangi, Dhuhkita branta
Published
2018-07-17
How to Cite
JAVA RIYAROSA, M., & NENGAH MARIASA, I. (2018). KARYA TARI DHUHKITA BRANTA UNGKAPAN RASA SAKIT HATI PUTRI ANDANSARI DAN PUTRI ANDANWANGI DALAM TIPE DRAMATIK. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/24211
Section
Articles
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 201