Pelatihan Dan Pertunjukan Tari Tradisional Di Kedutaan Besar Republik Indonesia Di Manila Melalui Strategi Joyfull Learning
Kata Kunci:
traditional dance training, performance, joyful learning strategyAbstrak
Penelitian ini mendeskripsikan penerapan strategi Joyfull Learning pada program pelatihan tari tradisional di Kedutaan Besar
Republik Indonesia (KBRI) Manila, Filipina, melalui program magang Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pelatihan berupa demonstrasi langsung. Peserta pelatihan adalah wanita dewasa Indonesia yang diajarkan materi seperti Lenggang Surabaya, Githek Balen, dan Saman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Joyfull Learning mampu meningkatkan keterlibatan dan motivasi peserta pelatihan. Strategi ini membantu peserta belajar secara efektif melalui dan meningkatkan partisipasi. Program ini berhasil menghasilkan penampilan tari di berbagai acara diplomatik Indonesia, sekaligus memperkuat pelestarian budaya dan diplomasi.
Unduhan
Referensi
Djamarah Syaiful Bahri. (2000). Strategi Belajar Mengajar. In Rineka Cipta.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development. Prentice Hall, Inc., 1984, 20–38.
https://doi.org/10.1016/B978-0-7506-7223-8.50017-4
Sudiasa, I. B. K. (2017). Internasionalisasi Pelatihan Tari dan Musik Tradisi Melalui Metode Eksploratif Kinsetetik Di LFJ. Louis Charles Damais Jakarta Selatan. Pengabdian Pada Masyarakat. Sarwahita, 14(01),
61–74. https://doi.org/10.21009/sarwahita.141.08
Tangguh, T., Saptono, A. B., & Repi, R. (2021). Pusat Pelatihan Dan Pertunjukan Seni Tari Tradisional Riau Di Pekanbaru. Jurnal Arsitektur:
Arsitektur … 8(2), 62–74. http://journal.unilak.ac.id/index.php/arsitektur/article/view/6448%0 Ahttp://journal.unilak.ac.id/index.php/arsitektur/article/download/6448/3715
Zahrina, L. N., & Qomariyah, U. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Strategi Joyfull Learning Untuk Siswa Kelas VII B SMP Negeri 7 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra
Indonesia, 7(2), 64–71. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 May Mey Monica, Retnayu Prasetyanti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

