Pelatihan Dan Pertunjukan Tari Tradisional Di Kedutaan Besar Republik Indonesia Di Manila Melalui Strategi Joyfull Learning

Penulis

  • May Mey Monica Universitas Negeri Surabaya
  • Retnayu Prasetyanti

Kata Kunci:

traditional dance training, performance, joyful learning strategy

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan penerapan strategi Joyfull Learning pada program pelatihan tari tradisional di Kedutaan Besar
Republik Indonesia (KBRI) Manila, Filipina, melalui program magang Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pelatihan berupa demonstrasi langsung. Peserta pelatihan adalah wanita dewasa Indonesia yang diajarkan materi seperti Lenggang Surabaya, Githek Balen, dan Saman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Joyfull Learning mampu meningkatkan keterlibatan dan motivasi peserta pelatihan. Strategi ini membantu peserta belajar secara efektif melalui dan meningkatkan partisipasi. Program ini berhasil menghasilkan penampilan tari di berbagai acara diplomatik Indonesia, sekaligus memperkuat pelestarian budaya dan diplomasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Djamarah Syaiful Bahri. (2000). Strategi Belajar Mengajar. In Rineka Cipta.

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development. Prentice Hall, Inc., 1984, 20–38.

https://doi.org/10.1016/B978-0-7506-7223-8.50017-4

Sudiasa, I. B. K. (2017). Internasionalisasi Pelatihan Tari dan Musik Tradisi Melalui Metode Eksploratif Kinsetetik Di LFJ. Louis Charles Damais Jakarta Selatan. Pengabdian Pada Masyarakat. Sarwahita, 14(01),

61–74. https://doi.org/10.21009/sarwahita.141.08

Tangguh, T., Saptono, A. B., & Repi, R. (2021). Pusat Pelatihan Dan Pertunjukan Seni Tari Tradisional Riau Di Pekanbaru. Jurnal Arsitektur:

Arsitektur … 8(2), 62–74. http://journal.unilak.ac.id/index.php/arsitektur/article/view/6448%0 Ahttp://journal.unilak.ac.id/index.php/arsitektur/article/download/6448/3715

Zahrina, L. N., & Qomariyah, U. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Strategi Joyfull Learning Untuk Siswa Kelas VII B SMP Negeri 7 Semarang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra

Indonesia, 7(2), 64–71. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Diterbitkan

2025-07-14

Cara Mengutip

May Mey Monica, & Prasetyanti , R. (2025). Pelatihan Dan Pertunjukan Tari Tradisional Di Kedutaan Besar Republik Indonesia Di Manila Melalui Strategi Joyfull Learning. Solah, 11(2). Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/71236

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 13 , PDF Downloads: 8