Investment of Time, Cost, and Dedication: A Case Study of Students of Mojokerto Fstar Dance Community
Kata Kunci:
Self-Investment, Modern Dance, Dance Community, Non-formal EducationAbstrak
Dalam dunia pendidikan nonformal, komunitas seni menjadi ruang penting bagi generasi muda untuk mengekspresikan diri dan mengembangkan kompetensi personal. Komunitas Dance Fstar Mojokerto merupakan salah satu contoh dari aktivitas seni nonformal yang mampu membentuk nilai, karakter, dan potensi generasi muda melalui keterlibatan dalam seni modern dance. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk investasi waktu, biaya, dan dedikasi yang dilakukan oleh siswa Komunitas Dance Fstar Mojokerto sebagai bagian dari pengembangan kualitas diri, dengan menggunakan perspektif Sosial Kognitif oleh Vygotsky L.S dan teori A Human Capital Theory oleh Gary Becker. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan partisipasi dalam komunitas ini bukan sekadar hobi, melainkan bentuk nyata dari investasi nonformal yang berdampak jangka panjang secara personal maupun sosial. Anggota komunitas, yang mayoritas berusia 15 hingga 21 tahun, rela mengorbankan waktu, mengeluarkan biaya pribadi, dan menunjukkan dedikasi tinggi untuk mencapai prestasi, baik di tingkat lokal maupun nasional. Proyek dance yang berhasil meraih pendapatan hingga Rp20 juta dalam kurun empat bulan menjadi bukti nyata bahwa strategi pelatihan, perencanaan konsep, serta komitmen disiplin mampu menghasilkan nilai tambah, tidak hanya dalam bentuk finansial, tetapi juga dalam hal pengalaman dan penguatan identitas diri. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya wacana pendidikan nonformal dan kontribusinya terhadap pengembangan sumber daya manusia melalui seni tari.
Unduhan
Referensi
Becker, G. S., Ployhart, R. E. 2014. Human capital is dead: Long live human capital resources. Journal of Management.
Dowd, I. L. 1995. Taking root to fly: Articles on functional anatomy. New York, NY: Irene Dowd.
Lewis, S. 2015. Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Vygotsky, L. S. 2018. Mind in society: The development of higher psychological processes (original work published 1978). London, UK: Routledge.
Yunita R. S, & Kamarubiani, N. 2020. Komunitas belajar sebagai sarana belajar dan pengembangan diri. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, UIN Alauddin Makassar. Makassar, Indonesia: UIN Alauddin Press.
Wenger, E. 1998. Communities of practice: Learning, meaning, and identity. Cambridge, UK: Cambridge University Press.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ainun Ayu Nur Janna, Enie Wahyuning Handayani

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

