Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Sekitar Lokalisasi Tambak Asri Kelurahan Morokrembangan Kecamatan Krembangan Kota Surabaya Pasca Penutupan Lokalisasi (Studi Multi Kasus Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Di Sekitar Lokalisasi Tambak Asri Surabaya)

  • SITI MAHMUDAH

Abstract

Abstrak

Perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi di dalam atau mencakup sistem sosial. Lebih tepatnya, terdapat perbedaan antara keadaan sistem tertentu dalam jangka waktu berlainan, perbedaan keadaan yang diamati antara sebelum dan sesudah jangka waktu tertentu. Kelurahan Morokrembangan dulu terdapat sebuah lokalisasi yang berdiri yang kemudian oleh Pemerintah Kota Surabaya ditutup paksa sehingga menimbulkan beberapa perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan apa yang terjadi dari segi sosial dan ekonomi masyarakat di Tambak Asri Kelurahan Morokrembangan sebelum dan sesudah lokalisasi Tambak Asri ditutup. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dengan teknik snowball sampling. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.

Berdasarkan penelitian, komposisi penduduk serta mobilitas penduduk masyarakat sebelum penutupan lokalisasi dengan setelah penutupan lokalisasi Kelurahan Morokrembangan mengalami perubahan. Tahun 2012 komposisi penduduk yang paling tinggi adalah penduduk perempuan dan didominasi oleh kelompok umur 26-40 tahun. Tahun 2013 jumlah penduduk laki-laki yang lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk perempuan dan didominasi oleh kelompok umur 0-5 tahun.  Kelompok umur 26-40 tahun antara tahun 2012 dan 2013 mengalami penurunan yang drastis. Jumlah mobilitas penduduk antara tahun 2012 dengan tahun 2013 juga mengalami penurunan kedatangan atau kepindahan penduduk. Aktivitas penduduk sebelum lokalisasi ditutup dengan setelah lokalisasi ditutup tetap berjalan seperti biasa. Keadaan ekonomi masyarakat sebelum lokalisasi ditutup memiliki panghasilan antara rentang Rp. 3.000.000 – Rp. 9.000.000, sedangkan penghasilan masyarakat setelah lokalisasi ditutup antara rentangan Rp. 1.500.000 – Rp. 7.500.000, sehingga ketika lokalisasi ditutup penghasilan masyarakat mengalami penurunan.

Kata Kunci : perubahan sosial ekonomi, lokalisasi

Published
2016-01-20
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 79