PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) GEOGRAFI BERBASIS MIND MAPPING DI KELAS X SMA NEGERI JOGOROTO JOMBANG

  • PUTRI WAHYUNTINA HUTAMI

Abstract

Abstrak

Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu  media belajar. LKS Geografi yang digunakan di sekolah masih banyak menunjukkan ketidaksesuaian dengan kriteria LKS sesuai kurikulum 2013 dan kebutuhan siswa. Hasil belajar siswa sebagian besar menunjukkan nilai di bawah KKM. Hal ini diperlukan alternatif pemecahan masalah dengan mengembangkan LKS berbasis Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan LKS berbasis Mind Mapping yang layak ditinjau dari kriteria materi, kebahasaan, penyajian, dan kesesuaian dengan komponen Mind Mapping, (2) mengetahui hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan LKS berbasis Mind Mapping, (3) mengetahui respon siswa terhadap LKS berbasis Mind Mapping, (4) mengetahui aktivitas guru dan siswa saat menggunakan LKS berbasis Mind Mapping. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D. Desain penelitian ini adalah eksperimen kuasi nonequivalent control-group design. Data kelayakan LKS dan aktivitas siswa dianalisis dengan skala Likert, data hasil belajar siswa dianalisis dengan Uji t, data respon siswa dianalisis dengan skala Guttman, dan data aktivitas guru dianalisis dengan APKG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) LKS yang dikembangkan memenuhi validitas isi dengan persentase dari kriteri materi sebesar 92,5%; kebahasaan sebesar 91,7%; penyajian sebesar 94,2%; Mind Mapping sebesar 90%, (2) hasil belajar siswa menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan signifikansi sebesar 0,036, (3) LKS yang dikembangkan mendapat respon positif siswa pada kriteria materi, kebahasaan, penyajian, dan Mind Mapping dengan kategori sangat layak, (4) guru menunjukkan aktivitas yang baik dengan persentase sebesar 78,4% dan siswa menunjukkan aktivitas yang sangat baik dengan persentase sebesar 92,3% di kelas eksperimen yang menggunakan LKS berbasis Mind Mapping, sedangkan di kelas kontrol yang menggunakan LKS Tim MGMP guru menunjukkan aktivitas yang cukup baik dengan persentase sebesar 60,86% dan siswa menunjukkan aktivitas belajar yang baik dengan persentase sebesar 66,9%.

Kata Kunci: penelitian pengembangan, LKS Geografi, Mind Mapping

Published
2016-07-25
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 48