Kajian Faktor-Faktor Eks Penderita Kusta Memilih Tinggal Di Dusun Sumberglagah Desa Tanjung Kenongo Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto

  • NUR AFNI AULYA

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini diambil berdasarkan fenomena yang ada di Dusun Sumberglagah desa Tanjung Kenongo yang ditempati oleh eks penderita kusta dari berbagai daerah setelah berobat di Rumah Sakit Kusta Sumberglagah.  Semakin banyaknya eks penderita yang menetap di daerah Suberglagah dan anak sampai dengan cucu eks penderita kusta yang ikut serta tinggal di Dusun Sumberglagah, pada jangka panjang akan mengakibatkan pengurangan lahan di Dusun Sumberglagah dan semakin banyak korban penggusuran jika suatu saat lahan milik Dinas Sosial nantinya akan dipakai dan hak pakai lahan diberhentikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) karakteristik eks penderita kusta di Dusun Sumberglagah, 2) faktor eksternal dan faktor internal yang menyebabkan eks penderita kusta memilih tinggal di dusun Sumberglagah, 3) aktivitas eks penderita kusta di Dusun Sumberglagah, 4) persebaran dearah asal eks penderita kusta di Dusun Sumberglagah, 5) persepsi masyarakat sekitar wilayah Sumberglagah mengenai adanya eks penderita kusta, 6) perlakuan masyarakat daerah asal terhadap eks penderita kusta di Dusun Sumberglagah.

Jenis penelitian ini adalah survei deskriptif kuantitatif, yang jumlah populasinya adalah 104 KK yang ada di dusun Sumberglagah. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif prosentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik eks penderita kusta adalah sebesar 36.5% eks penderita kusta di Dusun Sumberglagah berumur 51-60 tahun didominasi jenis kelamin laki-laki sebanyak 85.6 %, pekerjaan eks penderita kusta 39.4 % sebagai petani, faktor yang menjadikan eks penderita memilih tetap tinggal di Dusun Sumberglagah adalah karena adanya perhatian pemerintah berupa fasilitas yang disediakan seperti lahan pemukiman, sawah dan sembako. Eks penderita kusta tidak memiliki aktivitas yang dilakukan dengan masyarakat lain dari daerah sekitar Dusun Sumberglagah. Sebanyak 26.9 % eks penderita kusta berasal dari daerah Kabupaten Mojokerto. Masyarakat Daerah sekitar Dusun Sumberglagah tidak terganggu dengan adanya eks penderita kusta di sekitar wilayah mereka karena masyarakat sekitar tidak pernah berkontak langsung dengan eks penderita kusta di Dusun Sumberglagah. Masyarakat daerah asal tempat tinggal eks penderita kusta tidak melakukan pengucilan dan penolakan terhadap eks penderita kusta.

Kata Kunci : Eks Penderita Kusta, Faktor Menetap, Persebaran Daerah Asal, Persepsi    Masyarakat

Published
2016-08-19
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 86