Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Mapping Pada Materi Dinamika Hidrosfer Di Kelas X SMA Negeri 1 Sugihwaras Bojonegoro

  • AINUL YAKIN

Abstract

ABSTRAK

Permendikbud No. 103 Tahun 2014 menyatakan pembelajaran dilaksanakan berbasis aktivitas dengan karakteristik: interaktif, menarik, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Pembelajaran Geografi di sekolah perlu adanya peningkatan kualitas guru dan bahan ajar agar pembelajaran menjadi lebih menarik (Nandi, 2006:9)  Kurang menariknya bahan ajar yang digunakan pada pelajaran Geografi di kelas X-2 SMA N 1 Sugihwaras mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 71.8% (belum tuntas), sehingga peneliti ingin mengembangkan bahan ajar berbasis mind mapping. Pengembangan bahan ajar berbasis mind mapping diharapakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Penelitian ini mengunakan model pengembangan Define, Design, Develop, dan Disseminate (4 D) namun hanya sampai pada tahap develop saja. Penelitian ini merupakan penelitian experimental pada kelas X-2. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi RPP, lembar validasi bahan ajar dan materi, tes hasil belajar (pre-test, post-test), serta lembar unjuk kerja siswa. Penelitian ini mengunakan analisis Gain Score untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa.

Hasil pengembangan kelayakan bahan ajar sebesar 85.88% (sangat layak), dengan kelayakan materi 85.71% (sangat layak), dan kelayakan mind mapping 90% (sangat layak). Hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata pretest sebesar 48.4 dan posstest sebesar 83.3. Pada proses diskusi penyampaian materi meningkat dari 71.65% menjadi 85.80%, kemampuan argumentasi dari 49.10% menjadi 72.50%, kemampuan bertanya dari 41.6% menjadi 60.00% dan kemampuan menjawab dari 45% menjadi 65.80%, dan hasil rata-rata N-Gain siswa sebesar 0.712 sehingga pengunaan bahan ajar berbasis mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan baik dan tergolong tinggi.

Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis mind mapping sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan siswa lebih aktif berdiskusi saat mengunakan mind mapping

Kata kunci: Bahan ajar, mind mapping, dinamika hidrosfer, dan hasil belajar siswa.

Published
2016-08-22
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 138