KAJIAN MIGRASI INTERNASIONAL DI DESA SUMURBER KECAMATAN PANCENG KABUPATEN GRESIK

  • ALIMATUL KHUSNAH

Abstract

Abstrak

 

Desa Sumurber Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik merupakan desa yang mempunyai jumlah TKI sebanyak 751 penduduk. Alasan penduduk Desa Sumurber memilih bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia atau Arab Saudi karena faktor ekonomi, pendapatan yang minim di desa, dan pendidikan, mereka beranggapan bahwa pendapatan di Malaysia atau Arab Saudi lebih banyak dibandingkan pendapatan mereka yang hanya bekerja di daerahnya sendiri. Kurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan yang ada di daerah asalnya juga mempengaruhi penduduk Desa Sumurber lebih memilih bekerja sebagai TKI yang diyakini dapat menjamin kesejahteraan keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) faktor pendorong yang menjadi pertimbangan penduduk Desa Sumurber memilih sebagai TKI 2) faktor penarik penduduk Desa Sumurber memilih Negara Malaysia dan Arab Saudi sebagai daerah tujuan 3) faktor besarnya remitan yang dikirimkan oleh migran untuk keluarganya yang ada di Desa Sumurber.

                Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan cara pengamatan dan menghimpun fakta berdasarkan variabel dan dipaparkan dalam bentuk deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk Desa Sumurber yang keluarganya bekerja sebagai TKI, dimana jumlah TKI yang ada di Desa Sumurber berjumlah 751 orang. Pengambilan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan penghitungan besarnya sampel menggunakan rumus Formula Slovin dengan cara sistematis sampling, penelitian dilakukan dilakukan dengan keluarga TKI di Desa Sumurber sebagai responden penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif (dalam bentuk persentase) dari hasil uji Chi-Square. Data untuk mengetahui faktor pendorong dan penarik, dan faktor besarnya remitan yang dikirimkan adalah dengan menggunakan bantuan program SPSS 16 for windows.

Berdasarkan hasil penelitian ini, faktor pendorong yang paling berpengaruh yang menyebabkan penduduk Desa Sumurber menjadi TKI adalah karena faktor ekonomi, sebanyak 92 orang atau 92%. Faktor penarik yang berpengaruh penduduk Desa Sumurber memilih Malaysia dan Arab Saudi karena dipengaruhi oleh pendapatan, hasil perhitungan Chi-Square diketahui bahwa p < α (0,012 < 0,05). Faktor yang berpengaruh besarnya remitan yang dikirimkan TKI adalah faktor pendapatan dan lama merantau TKI,  hasil perhitungan Chi-Square pendapatan diketahui bahwa p < α (0,000 < 0,05) dan faktor lama merantau perhitungan Chi-Square diketahui bahwa p < α (0,000 < 0,05).

Kata Kunci           : Migrasi Internasional, TKI, Remitan

Published
2016-08-23
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 149