FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS USAHA TANI ANTARA KECAMATAN PETERONGAN DAN KECAMATAN MEGALUH KABUPATEN JOMBANG

  • FAJRUR RIZAL BAKHRI

Abstract

Usaha tani padi sangat memerlukan air sebagai salah satu anasir lingkungan yang medukung. Kedekatan sawah sebagai tempat usaha tani padi dengan sumber air sangat penting. Kecamatan Megaluh merupakan kecamatan  di  Kabupaten  Jombang  yang  dilalui  oleh  Sungai Brantas, sedangkan Kecamatan Peterongan tidak dilalui Sungai Brantas  namun  demikian  kedua kecamatan tersebut memiliki produktivitas padi yang berbeda, sehingga diketahui ada faktor lain di luar ketersediaan air yang mempengaruhi produktivitas padi. Berdasarkan masalah tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas usaha tani di Kecamatan Megaluh dan Kecamatan Peterongan.

Populasi dalam penelitian  ini adalah satuan-satuan wilayah fungsional di Kecamatan Megaluh dan Kecamatan  Peterongan dengan  sampel  berupa  desa-desa.  Variabel  penelitian meliputi  intensitas  pemupukan,  intensitas  pemakaian pestisida, biaya produksi, luas lahan sawah, penyuluhan petani, pengalaman petani pendapatan petani,. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan persamaan regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji regresi liner berganda di Kecamatan Megaluh diperoleh nilai adjust R square = 0,93 artinya ada keeratan hubungan antara variabel independen (bebas) dengan variabel dependen (terikat) sebesar 92,3%. Angka koeifisien determinasi menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel bebas yang berkaitan dengan produktivitas padi hanya dapat menjelaskan 92,3% pengaruh terhadap variabel terikat, sedangkan 7,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas. Faktor-faktor lain yang dimungkinkan berpengaruh terhadap produktivitas padi disini adalah teknologi ataupun yang lainnya.

      Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji regresi liner berganda diperoleh nilai adjust R square =0,564 artinya ada keeratan hubungan antara variabel independen (bebas) dengan variabel dependen (terikat) sebesar 56,4%. Angka koeifisien determinasi menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel bebas yang berkaitan dengan produktivitas padi hanya dapat menjelaskan 56,4% pengaruh terhadap variabel terikat, sedangkan 43,6 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas. Faktor-faktor lain yang dimungkinkan berpengaruh terhadap produktivitas padi disini adalah teknologi ataupun yang lainnya.

Kata Kunci: usaha tani padi, faktor-faktor produksi , produktivitas padi             

Published
2016-08-26
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 1389