POTENSI USAHA TERNAK BEBEK PETELUR DI KAMPUNG BEBEK DESA KEBONSARI KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO

  • Putra Aji Pamungkas

Abstract

Potensi Usaha ternak bebek petelur di Desa Kebonsari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo mengalami penurunan.pada tahun 1997 terdapat 50 peternak mampu menghasilkan produksi telur sebanya 67.500 butir per hari berkurang menjadi 27 peternak pada tahun 2016 rata-rata produktivitas 700 butir telur perhari. Penurunan ini dipicu oleh perubahan penggunaan lahan dari sawah menjadi permukiman dan dibangunya jalan luar lingkar timur Sidoarjo Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  potensi usaha ternak bebek melalui pola persebaran pendistribusiannya mengetahui kondisi sosial, ekonomi, dan geografis peternak bebek di kampung bebek desa kebonsari.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi peternak sejumlah 27 peternak. Variabel dalam penelitian ini yaitu pola persebaran, kondisi sosial, ekonomi dan kondisi geografis  Teknk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket (kuesioner). Analisis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif

Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi yang ada di kampung bebek sangat baik karena dilihat dari pola persebaran hasil pendistribusian perternakan di kampung bebek Desa Kebonsari menunjukkan angka di atas 70 %. Satu ekor bebek Setiap tahunnya bisa menghasilkan 200 – 300 butir telur untuk dijual di daerah luar sidoarjo. dilihat dari sosial dan ekonomi serta kondisi geografisnya seesuai oleh karena itu peternak di desa kebonsari mampu bersaing dengan daerah – daerah lainya seperti daerah Mojokerto, Pasuruan dan Blitar.

Kata Kunci : Pola persebaran, hasil pendistribusian, kondisi sosial, kondisi ekonomi dan kondisi geografis.

Published
2017-11-02
Abstract Views: 141
PDF Downloads: 301