KAJIAN TENTANG KONDISI SOSIAL EKONOMI PENYEBAB PEDAGANG MEMILIH TETAP BERDAGANG DI PASAR KEDUNGREJO KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO (Studi Kasus Tentang Dampak Relokasi Pedagang Pasar Kedungrejo)

  • DELLA VINTA ASPRILLA
  • MURTEDJO

Abstract

Pembangunan Pasar Kedengrejo diharapkan dapat memberikan fasilitas tempat yang bersih, nyaman, serta layak untuk menampung ratusan pedagang Pasar Waru. Relokasi pedagang tersebut dikatakan tidak berhasil, karena masih sepinya stan yang ada di Pasar Kedungrejo. Pedagang yang tetap memilih berdagang di Pasar Kedengrejo menjadi fenomena menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi penyebab pedagang memilih tetap berdagang di Pasar Kedungrejo Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penentuan informan menggunakan teknik bola salju. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa pedagang yang bertahan di Pasar Kedungrejo sebagian besar adalah pedagang yang berkaitan dengan bakso seperti pedagang gilingan daging, bahan bakso, tahu, dan daging. Faktor penyebab pedagang memilih tetap berdagang di Pasar Kedungrejo adalah tidak adanya lahan untuk berjualan di Pasar Waru, barang dagangan yang membutuhkan ruang atau kios, mengikuti pedagang yang lain, serta bertahan karena pelanggan. Kondisi sosial pedagang Pasar Kedungrejo terjadi interaksi sosial antar pedagang diawali dengan saling mengenal hingga terjalin kekompakan antar pedagang. Terjadi persaingan antar pedagang dengan pedagang hasil relokasi maupun dengan pedagang baru. Pedagang Pasar Kedungrejo merasa nyaman berdagang di pasar tersebut. Keamanan di Pasar Kedungrejo telah terjadi dua kali kasus pencurian sepeda motor dan pencurian barang dagangan. Kondisi ekonomi pedagang Pasar Kedungrejo pedagang yang berjualan kaitannya dengan bakso mengalami peningkatan jumlah pelanggan. Kemudahan peminjaman modal dari pihak Pasar Kedungrejo dalam bentuk surat keterangan los atau kios yang dapat digunakan sebagai jaminan meminjam modal di Bank. Omzet pedagang menurun apabila dibandingkan saat berdagang di Pasar Waru. Aksesibilitas untuk menuju Pasar Kedungrejo mudah, pedagang menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju pasar.
Kata kunci: relokasi, pedagang, pasar kedungrejo, sosial, ekonomi
Published
2018-05-09
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 127